Beranda Tips Blogspot Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress Self Hosted

Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress Self Hosted

0
Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress

Halo temen-temen, setelah sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai keunggulan-keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan WordPress, mungkin diantara kalian ada yang tertarik dan ingin memindahkan blognya yang semula dari Blogspot ke WordPress.

Berikut akan saya jabarkan step by step yang harus kamu lakukan agar migrasi dari Blogspot ke WordPress berjalan lancar. Nantinya proses migrasi ini selain memindahkan Posts, juga memindahkan image, label, tag, dan komentar. Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir kehilangan posisi peringkatmu di SERP. Tentunya jika kamu mengikuti langkah-langkah berikut dengan cermat. Lebih lengkapnya, silahkan simak tutorial berikut:

Cara Mudah Migrasi Blogspot ke WordPress

1. Install WordPress Self Hosted

Nah dalam membangun sebuah blog WordPress self host, diperlukan yang namanya hosting dan domain. Perlu kamu tau gaes, untuk berlangganan hosting ini berbayar perbulannya. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tergantung spesifikasi yang diberikan. Nah kalau kamu masih ragu untuk install WordPress menggunakan hosting berbayar, tidak ada salahnya untuk menggunakan yang gratis-gratis dulu. Untuk tutorial install WordPress di hosting gratis dapat kamu temukan disini. Namun perlu diingat, hosting gratis biasanya memiliki beberapa kelemahan, diantaranya server yang sering trouble atau down. Hal ini akan menyebabkan blog/website yang menggunakan hosting gratisan tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Hal ini juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan blog, serta lambat laun jumlah visitor pun akan menurun. Jadi jika kamu berencana untuk menggunakan hosting untuk jangka panjang, maka saya lebih merekomendasikan hosting premium/berbayar.

Untuk install WordPress di hosting premium/berbayar (menggunakan cPanel), panduannya dapat kamu lihat pada video berikut.  Saya anggap disini hosting dan domain kamu sudah terkait. Jika belum, silahkan atur nameserver domain terlebih dahulu.

2. Import Data XML Blogspot ke WordPress

Nah, sekarang masuk ke dashboard WordPress. Install dan aktifkan plugin Blogger Importer Extended. Caranya klik Plugin » Add new lalu pada kotak pencarian ketik Blogger Importer Extended, Install dan Aktifkan.

Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress

Lalu kamu akan diarahkan kehalaman Plugin. Klik Start pada plugin Blogger Importer Extended.

Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress

Lalu klik Let’s Go!

Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman login Google. Login dengan email google yang terkait dengan blog yang ingin dipindahkan. Jika sudah, nantinya akan muncul halaman yang berisi list blogmu seperti ini. Pilih blog yang akan dimigrasi ke WordPress.

Cara Migrasi Blog dari Blogspot ke WordPress

Jika muncul dropdown opsi, centang saja semuanya lalu klik Start Import. Tunggu beberapa saat hingga proses import selesai.

Demikian tutorial migrasi dari blogspot ke wordpress. Dengan menggunakan tutorial ini maka kamu tidak perlu repot-repot untuk memindahkan gambar lagi karena dengan cara diatas seluruh gambar dari blogspot ikut terimport kedalam library WordPress. Selain itu kamu juga tidak perlu setting permalink sehingga kamu juga tidak akan kehilangan trafik blog. Cukup mudah bukan? Sekian dari saya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here