Beranda Tips Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

0
Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

Selain sebagai wadah diskusi tanya jawab, keberadaan kolom komentar ini sebenarnya memiliki peran yang cukup penting. Sebut saja untuk membangun suatu komunitas, menjadikan blog lebih hidup dan tentunya memberikan sedikit dorongan untuk SEO. Bisa dibilang kolom komentar ini sebisa mungkin harus ada di setiap artikel blog.

Namun terkadang kolom komentar ini sering disalahgunakan oleh sebagian orang untuk kuntungan pribadi. Seperti halnya melakukan promosi, spam backlink dan komentar dengan kata-kata kebencian. Memoderasi komentar tentu akan menyita banyak waktu bukan? Hal ini mungkin menjadi penyebab utama temen-temen membaca artikel ini ūüėÄ

Alasan lainnya yaitu komentar yang terlalu banyak dapat menambah waktu loading blogmu. FYI aja nih temen-temen, setiap komentar yang ditampilkan membutuhkan permintaan ke database. Hal ini akan terus bertambah seiring bertambahnya komentar dari hari ke hari.

Menonaktifkan Komentar di WordPress

Secara default, WordPress hanya mengaktifkan komentar pada jenis posting/artikel dan menonaktifkan komentar pada jenis page/halaman. Nah FYI aja nih temen-temen, kamu bisa mengubah pengaturan komentar tersebut dengan sangat mudah. Misalnya seperti mengaktifkan/menonaktifkan komentar secara keseluruhan, secara selektif (salah satu artikel/post), dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan¬†¬Ľ Diskusi pada Dasbor WordPress milikmu.

1. Menonaktifkan Komentar pada Postingan Baru

Hapus centang pada opsi allow people to post comments on articles. Dengan begitu setiap artikel/post selanjutnya tidak akan menampilkan kolom komentar. (Halaman dinonaktifkan secara default).

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

2. Menonaktifkan Komentar Trackbacks dan Pingbacks

Mungkin temen-temen disini pernah melihat komentar trackback atau pingback di kolom komentar. Nah FYI aja nih, komentar trackback atau pingback seperti ini akan muncul ketika ada seseorang mengarahkan website/blog mereka ke artikel milikmu. Untuk menonaktifkannya cukup hilangkan centang pada Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks) on new articles.

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

3. Menonaktifkan Komentar Pada Semua Postingan

Jika kamu ingin menonaktifkan kolom komentar pada seluruh postingan, baik yang sudah terbit maupun yang masih didalam draft caranya cukup mudah. Masuk ke bagian Other Comments lalu beri tanda centang pada¬†Automatically close comments on articles older than […] days. Lalu isi dengan angka 0 (nol).

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

4. Menonaktifkan Komentar Pada Artikel Tertentu

Nah buat temen-temen yang ingin menonaktifkan komentar pada artikel tertentu caranya cukup mudah. Cukup edit artikel yang ingin di nonaktfikan komentarnya, lalu scroll kebagian bawah dan hapus centang pada Allow comment.

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

Jika tidak ketemu silahkan scroll keatas terlebih dahulu. Buka Screen Options lalu beri centang pada Discussion.

Cara Menonaktifkan Komentar WordPress dengan Mudah

Demikian cara menonaktifkan komentar di WordPress dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here