Beranda Tutorial Cara Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress

Cara Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress

2
Cara Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress

Pernahkah kamu merasa kesulitan dan mendapati pesan error ketika upload theme, plugin ataupun media lainnya? Jika iya berarti hosting yang kamu gunakan memiliki batasan atau limit upload. Seperti kita ketahui, pada WordPress terdapat fitur uploader. Fitur ini akan memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas upload file ke dalam penyimpanan WordPressmu.

Namun uploader tersebut memiliki batasan atau limit untuk ukuran file yang akan diupload. Berapa besarnya? Secara default, setiap penyedia hosting memiliki aturan yang berbeda dalam menetapkan ukuran limit upload. Kamu bisa memeriksanya melalui dashboard WordPress, klik menu Media » Add New.

Biasanya, limit upload file maksimal sangat lebih dari cukup untuk penggunaan WordPress normal. Namun bagaimana jika ternyata kamu ingin meng-upload file atau misal video berkualitas tinggi yang ukurannya melebihi limit tersebut? Bila kamu paksakan mengupload maka akan muncul error exceeds the maximum upload size for this site. Untuk mengatasinya kamu perlu meningkatkan limit upload file size agar aktivitas upload di WordPressmu tidak terganggu.

Meningkatkan Limit Upload Ukuran File

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan limit ukuran file upload. Sebelumnya, pastikan kamu memiliki akses file manager direktori instalasi WordPressmu. Kamu bisa menggunakan file manager cPanel tau FTP.

Melalui php.ini

Perlu temen-temen ketahui, beberapa penyedia hosting biasanya tidak mengizinkan para penggunanya melakukan edit php.ini. Dan biasanya juga tidak menyematkan fitur php.ini editor didalam cPanel. Jadi sebelum menggunakan metode ini pastikan kamu menanyakannya terlebih dahulu ke penyedia hostingmu.

Disini saya menggunakan shared hosting dari *******. Kebetulan didalam cPanel sudah terdapat fitur editor php.ini. Untuk yang belum paham, didalam editor php.ini terdapat 2 mode yang bisa kamu coba, yaitu basic mode dan editor mode. Saya lebih menyarankan basic mode karena penggunaanya lebih mudah. Kamu hanya perlu memasukkan berapa angka pada rule yang diinginkan. Contohnya seperti pada gambar berikut.

Cara Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress

Untuk meningkatkan limit file upload, kamu hanya perlu mengganti post_max_size dan upload_max_filesize. Dapat dilihat pada gambar diatas, ukuran limit post_max_size dan upload_max_filesize hanya sebesar 2M (2MB). Ganti limit tersebut sesuai selera. Kalau saya merekomendasikan 128M (128MB). Setelah itu klik Apply. Dengan begitu kamu dapat meng upload file atau theme dengan ukuran maksimal sebesar 128MB.

Tapi jika kamu kesulitan dalam menggunakan basic mode, pakai saja Editor Mode. Caranya juga sama mudahnya seperti basic mode. Cukup masukkan beberapa baris rule berikut kedalamnya lalu klik save.

Nah, sekarang cek lagi dashboard WordPressmu, buka menu Media » Add New untuk memastikan perubahan sudah berhasil.

Melalui .htaccess

Nah jika hosting yang kamu gunakan tidak tersedia fitur php.ini, jangan khawatir. Masih ada metode lainnya, yaitu melalui file .htaccess. File ini terletak di direktori instalasi WorPressmu (public_html). Jika tidak ketemu, berarti file tersebut masih tersembunyi. Agar dapat terlihat, matikan opsi hidden files. Caranya seperti pada gambar berikut.

Menampilkan hidden files pada cPanel

Setelah ketemu, klik kanan dan klik tombol Edit. Tambahkan beberapa baris kode berikut kedalamnya. Taruh saja di bagian paling bawah.

Setelah itu klik save.

Dengan begitu kamu sudah bisa melakukan upload file dengan ukuran yang cukup besar pada WordPressmu. Demikian Cara Meningkatkan Ukuran Maximum File Upload di WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here