Beranda Tips Blogspot Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

0
Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu trik yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan jumlah visitor pada blogmu. Jadi triknya adalah dengan cara menghilangkan tanggal postingan artikel dari SERP Google.

Emang hubungannya menghilangkan tanggal postingan dengan meningkatkan pengunjung apa?

Oke saja jelaskan sedikit yaa biar ga rancu. Jadi secara default setiap kita mempublish suatu artikel dan kemudian artikel tersebut terindeks oleh Google, maka pada hasil pencarian akan menampilkan tanggal dibuatnya artikel tersebut. Contohnya seperti ini.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

Pada umumnya pengunjung lebih suka dengan artikel yang baru dipublish/fresh dan menghindari artikel-artikel lawas. Apalagi jika terpaut hingga beberapa tahun, kesempatan artikel tersebut dibuka oleh pengunjung akan semakin kecil.

Sebut saja di hasil pencarian terdapat 2 artikel yang meiliki topik sama. Hanya saja artikel yang satu dipublish tahun 2018 dan yang satunya dipublish pada tahun 2010. Maka sudah pasti pengunjung akan memilih untuk membuka artikel 2018. Karena apa? Artikel masih fresh.

Lalu bagaimana caranya agar artikel kita tidak dianggap lawas oleh pengunjung? Mudah saja, cukup hilangkan tanggal postingan di hasil pencarian Google. Dengan begitu artikel lawas kita akan dianggap fresh (karena pengunjung tidak tahu artikel kita dari tahun kapan). Sehingga peluang artikel lawas milik kita tetap dibuka akan semakin besar.

Menghilangkan Tanggal Postingan di SERP Google

Untuk menghilangkan tanggal postingan pada SERP Google sebenernya gampang. Jadi disini akan saya bagi menjadi 2 versi, untuk WordPress dan untuk Blogspot.

1. WordPress

Untuk menghilangkan tanggal postingan artikel WordPress caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan script berikut kedalam file functions.php.

function jl_remove_post_dates() {
	add_filter('the_date', '__return_false');
	add_filter('the_time', '__return_false');
	add_filter('the_modified_date', '__return_false');
	add_filter('get_the_date', '__return_false');
	add_filter('get_the_time', '__return_false');
	add_filter('get_the_modified_date', '__return_false');
} add_action('loop_start', 'jl_remove_post_dates');

Setelah itu save. Tinggal tunggu beberapa hari/minggu deh hingga seluruh artikelmu tidak lagi menunjukkan tanggal postingan.

2. Blogspot

Untuk blogspot ini malah lebih gampang lagi, cukup buka Dashboard » Tata letak/Layout. Lalu pada bagian Blog Posts klik edit.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

Setelah itu hilangkan centang pada bagian tanggal.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan pada SERP Google

Jika semua sudah beres klik Save. Oiya jangan lupa klik simpan setelan juga. Sama seperti WordPress, tunggu beberapa hari/minggu hingga seluruh artikelmu tidak lagi menunjukkan tanggal postingan.

Selesai. Mudah bukan? Bagi kamu yang memiliki blog dengan artikel sudah berumur, tidak ada salahnya untuk menggunakan trik ini. Selain dapat meningkatkan jumlah visitor dan views, penghasilan pun juga akan bertambah pastinya.

Demikian cara menghilangkan tanggal postingan di SERP Google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here