Beranda Google Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

0
Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google
Agen Bola

Mungkin temen-temen disini pernah ngepost artikel absurd/memalukan lalu suatu ketika tengsin dan pengen cepet-cepet menghapus artikel tersebut. Ketika artikel sudah dihapus, eh ternyata URL nya masih nangkring di pencarian Google. (btw ini bukan pengalaman saya ya 😀 )

Nah FYI aja nih temen-temen, ketika kita menghapus artikel di blog, bukan berarti artikel tersebut akan hilang juga dari peredaran Google secara spontan. Tidak seperti itu cara kerjanya ya. Maksudnya disini adalah artikel tersebut tetap ada di index Google meskipun sebenernya sudah terhapus. Alhasil ketika diklik masuknya di halaman 404.

Salah satu solusi agar URL artikel tersebut cepat terhapus dari pencarian Google adalah dengan memberi tahu si Google sendiri bahwa artikel tersebut sudah tidak ada. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah menghapus url artikel yang telah terindeks Google berikut.

Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

Langkah menghapus URL yang telah terindeks Google ini menggunakan Google Webmaster Tools. Jadi buat temen-temen yang blognya belum pernah didaftarkan di Webmaster Tools, bisa baca-baca terlebih dahulu tutorialnya pada artikel berikut.

Agen Bola

Nah buat temen-temen yang sudah pernah mendaftarkan blognya, silahkan masuk ke Webmaster Tools, lalu pilih menu Google Index » Remove URLs » Temporarily Hide.

Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

Lalu akan muncul kolom isian. Tinggal isi saja dengan URL artikel blogmu yang ingin dihapus dari pencarian Google. Atau kalau ingin menghapus seluruh URL blog tinggal dikosongi saja kolomnya. Jika sudah beres tekan Continue.

Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

Setelah itu akan muncul 3 opsi untuk menghapus URL artikelmu. Pilih saja Temporarily hide page from search result and remove from cache kemudian klik Submit Request.

Cara Menghapus URL Artikel yang Terindeks Google

Done.

Sampai disini kamu telah menyelesaikan langkah-langkah dalam menghapus URL di Webmaster Tool. Namun perlu diingat, proses penghapusan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan waktu hingga 2×24 agar URL sukses terhapus dari pencarian Google.

Demikian cara menghapus URL yang telah terindex Google. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here