Beranda Wordpress Plugins Cara Menghapus Plugin WordPress Melalui cPanel

Cara Menghapus Plugin WordPress Melalui cPanel

0
Menghapus Plugin Melalui cPanel

Plugin merupakan suatu ekstensi pada WordPress yang sangat penting. Disamping untuk mempermudah kinerja user, juga dapat mengoptimalkan dari sisi server. Namun apa jadinya jika plugin yang berfungsi untuk mempermudah kinerja malah berakhir error?

Saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman menghadapai problem WordPress pertama saya. Dulu, ketika saya masih cupu mengenai WordPress, saya pernah memasang plugin yoast premium (hasil download dari website sebelah) karena ingin beralih dari yang versi free. Semua berjalan normal, mulai dari proses upload sampai install. Hingga akhirnya semua berubah ketika negara api menyerang saya aktifkan plugin tersebut. Tiba-tiba WordPress saya mengalami blank putih. Tidak ada notif atau warning apapun. Sehingga saya bingung mau searching apa untuk mengatasinya 😀

Entah karena hosting saya yang tidak kuat atau memang plugin ini berisi hal-hal negatif 😀 yang jelas di benak saya, pasti ini gara-gara ulah plugin yoast yang tadi saya install, pasti. Sehingga saya berpikir mau tidak mau harus menghapus plugin tersebut. Tapi bagaimana? Masuk dashboard saja tidak bisa.

Menghapus Plugin Melalui cPanel

Akhirnya setelah searching-searching ketemu deh cara menghapus plugin dengan alternatif lain dari administrator, yaitu melalui file manager cPanel. Nah jika hosting kamu tidak menggunakan cPanel, kamu bisa menggunakan FTP sebagai file manager. Lebih jelasnya kamu bisa menanyakan hal tersebut kepada pihak provider hosting yang kamu gunakan.

Oke, jadi disini saya akan memberikan tutorial menghapus plugin melalui file manager di cPanel. Langkah pertama login ke akun cPanelmu. Setelah itu masuk ke direktori public_html » wp-content » plugins.

Cara Menghapus Plugin Melalui cPanel

Nah, didalam folder plugins akan terdapat plugin yang telah kamu install. Tinggal cari deh plugin yang bikin error. Sebagai contoh diatas, misal penyebab error adalah Yoast. Untuk menghapus tinggal klik kanan » delete.

Cara Menghapus Plugin Melalui cPanel

Sekarang coba cek dashboard WordPressmu. Saya yakin sudah bisa dibuka kembali.

Demikian tutorial menghapus plugin WordPress melalui cPanel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here