Beranda Wordpress Plugins Cara Menggunakan WP Automatic

Cara Menggunakan WP Automatic

2
Cara Menggunakan WP Automatic

Cara Menggunakan WP Automatic – WP Automatic adalah salah satu plugin WordPress yang bisa kita manfaatkan untuk membuat/membangun suatu website AGC (Auto Generate Content). Dimana dengan plugin ini kita tidak perlu pusing-pusing untuk menulis artikel/konten. Cukup aktifkan pluginnya dan dengan beberapa setting khusus, semuanya dapat dilakukan secara otomatis oleh WP Automatic.

Cara Kerja WP Automatic

Cara kerja wp automatic ini adalah dengan mengambil atau grab konten dari website lain, lalu dipublish ulang di website pribadi. Kita juga dapat melakukan spin, translate, edit link, inject keyword dan lain sebagainya sebelum mempublish ulang. Keren bukan?

Seperti halnya tools-tools AGC pada umumnya, dengan menggunakan wp automatic kita tidak perlu capek-capek nulis, karena konten target akan terposting di website kita secara otomatis dengan jeda waktu yang dapat kita set sesuka hati (auto pilot).

Adapun jenis konten yang bisa kita grab menggunakan plugin ini misalnya seperti EzineArticle, Youtube, Ebay, Amazon, Feed dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan WP Automatic

1. Requirement

Yang pertama pastikan kamu sudah menginstall plugin wp automatic. Bagi yang belum punya bisa hubungi saya via email. Harga murmer 😀

Yang kedua pastikan hosting/server yang kamu gunakan memiliki spesifikasi cukup bagus. Jangan sekali-sekali menggunakan hosting gratisan karena hasilnya sudah pasti tidak optimal. Kebanyakan hosting gratis sangat amat dibatasi penggunaan resourcenya. Oleh karena itu, dalam menggunakan wp automatic ini saya lebih menyarankan untuk menggunakan VPS. Kamu bisa menggunakan VPS gratis dari GCP (1 tahun) atau penyedia VPS murah seperti Upcloud yang memberikan free credit senilai $25.

Baca juga: Gratis Voucher $25 Untuk Bikin VPS di UpCloud

Lalu yang ketiga, pastikan Feed website target adalah full text. Karena jika feed target dalam bentuk summary sudah bisa dipastikan hasilnya zonk. 😀

2. Setting WP Automatic

Masuk menu Wp Automatic » Settings. Lalu pada bagian Search and Replace tulis teks yang ingin kamu ganti. Misal web target adalah kompas.com dan web kamu adalah muhammadroyyan.com. Tinggal tulis saja:

kompas.com|muhammadroyyan.com

Dengan begitu setiap teks kompas.com yang ada pada seluruh artikel akan diganti/direplace dengan teks muhammadroyyan.com. Hal ini berfungsi untuk menghindari blog kita memberikan backlink pada blog target.

3. Membuat Campaign Baru

Klik menu WP Automatic » New Campaign. Nantinya akan muncul beberapa setting. Jangan lupa beri judul dan atur frekuensi sesuai selera. Frekuensi disini maksudnya adalah jeda antara setiap post artikel. Misal 1 jam, berarti tiap 1 jam sekali wp automatic akan bekerja/grabbing dan mempublish konten dari website target. Saya sarankan untuk mengatur frekuensi sekitar 1 jam jika spesifikasi server/hosting kamu cukup rendah.

Cara Menggunakan WP Automatic

Pada bagian Campaign Option, silahkan atur seperti pada gambar berikut.

Cara Menggunakan WP Automatic

Lalu berikan centang seperti pada gambar berikut

Cara Menggunakan WP Automatic

Lalu pada bagian Post Template atur seperti pada gambar berikut

Cara Menggunakan WP Automatic

Untuk bagian Post type, format & Status biarkan default saja. Lanjut ke bagian Images. Bisa kita setting untuk hotlink atau menyimpan di server sendiri. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan WP Automatic

Lalu settingan lainnya biarkan default saja. Selesai.

Sekarang coba kita publish lalu klik tombol biru untuk menjalankan WP Automatic. Jika berhasil, maka wp automatic akan menampilkan notif seperti pada gambar berikut.

Cara Menggunakan WP Automatic

Demikian cara menggunakan WP Automatic. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

2 KOMENTAR

  1. sebelum nya makasih mas tutorialnya, waktu itu saya juga pake ini buat blog berita saya. ssmenjak pake ini ga capek” nulis wkkwkw
    ya cuman untuk seo nya harus manual 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here