Beranda Tutorial Cara Mengganti URL Halaman Login Admin WordPress Tanpa Plugin

Cara Mengganti URL Halaman Login Admin WordPress Tanpa Plugin

2
Cara Ganti Url Halaman Login WordPress

Defaultnya, halaman login admin WordPress adalah berada di namadomain.com/wp-admin/. Jadi sudah bukan rahasia umum lagi. Banyak orang yang sudah mengetahuinya. Nah, berhubung dashboard admin ini adalah kawasan yang rawan, jadi sebisa mungkin kudu di sembunyikan keberadaannya. Yaa paling tidak agar sedikit mempersulit orang-orang yang jail terhadap website milik kita.

Oiya, FYI aja nih temen-temen, sebelumnya lagi-lagi sudah pernah saya bahas mengenai cara mengganti URL halaman login admin WordPress, akan tetapi tutorial tersebut menggunakan plugin. Sangat simple dan mudah dipahami. Untuk yang penasaran bisa dicek dulu artikelnya dihalaman berikut.

Akan tetapi menggunakan plugin sudah pasti akan menambah beban dan menghabiskan resource yang ada pada hosting. Jadi buat temen-temen yang ingin mengubah halaman login (wp admin) nya tetapi tidak ingin memasang plugin lagi, bisa mencoba tutorial dibawah ini. Selain enteng, kamu jadi gaperlu nambah-nambah plugin lagi deh. Tapi konsekuensinya ya sudah pasti sedikit ribet, hehehee.

Oke lanjut, berhubung tutorial ini nantinya akan sangat panjang dan sedikit memusingkan, jadi langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini. Cekidot.

Mengganti URL Halaman Login Admin WordPress Tanpa Plugin

Sebelum masuk ke langkah pertama, pastikan kamu telah melakukan backup WordPress terlebih dahulu. Yaa buat jaga-jaga, kali aja nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Cara Backup WordPress di Google Drive

Oke lanjut. Langkah pertama pastikan kamu sudah login ke file manager (cPanel atau FTP) hostingmu. Didalamnya sudah pasti terdapat file-file dan folder instalasi WordPress, contohnya seperti pada gambar berikut.

Mengganti URL Halaman Login Admin WordPress Tanpa Plugin

Cari file wp-login.php dan rename dengan kata yang kamu inginkan, bebas terserah. Misal wp-login.php diubah menjadi oemji.php (ini contoh). Inget, ekstensi .php nya jangan sampai dihilangkan.

Note: mulai dari sini saya menggunakan oemji.php sebagai contoh, jadi tinggal disesuaikan saja oleh temen-temen.

Jika sudah berhasil direname, edit file oemji.php tersebut. Caranya klik kanan » Edit. Nantinya file oemji.php akan terbuka. Isinya kurang lebih seperti pada gambar berikut.

Mengganti URL Halaman Login Admin WordPress Tanpa Plugin

Nah didalam file ini terdapat 12 kata wp-login.php. Tugas kamu adalah mengganti seluruh kata wp-login.php menjadi oemji.php. Agar lebih cepat, gunakan perintah CTRL+F untuk menemukan seluruh teks wp-login.php dengan mudah. Jika sudah klik Save.

Jika sudah beres, balik lagi ke direktori instalasi WordPressmu. Selanjutnya buka folder wp-includes » general-template.php. Edit file tersebut. Didalam file general-template.php terdapat 5 kata wp-login.php. Ganti semua wp-login.php dengan teks oemji.php.

Dengan begini, alamat login WordPressmu sudah berpindah ke namadomain.com/oemji.php. Tetapi settingan diatas terdapat kelemahannya, ketika kamu mengetik namadomain.com/wp-admin/ maka akan langsung redirect ke namadomain.com/oemji.php. Sama aja bakalan ketahuan dong. 😀

Nah, untuk itu agar tidak teredirect silahkan ikuti langkah berikut. Sama seperti langkah diatas, edit lagi file general-template.php. Lalu cari kode berikut:

function wp_login_url($redirect = '', $force_reauth = false) {
 $login_url = site_url('oemji.php', 'login');

Hapus oemji.php sehingga jadinya akan seperti ini:

function wp_login_url($redirect = '', $force_reauth = false) {
 $login_url = site_url('', 'login');

Selesai. Kini wp admin kamu telah sukses tersembunyi. Nah sebagai demo, berikut saya cantumkan website yang sudah diganti alamat wp adminnya menggunakan tutorial diatas. Silahkan buka pada halaman berikut.

Demikian cara mengganti URL halaman login admin pada WordPress tanpa plugin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here