Beranda Tutorial Cara Mengetahui ID Page, Post, Category, dan Tag Pada WordPress

Cara Mengetahui ID Page, Post, Category, dan Tag Pada WordPress

0
Cara Mengetahui ID Page, Post, Category, dan Tag Pada Wordpress

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial mengeani cara untuk mengetahui ID suatu halaman, postingan, kategori, dan tag. ID ini biasanya diperlukan pada saat-saat tertentu, semisal ingin mencari artikel di database atau menambahkan kode CSS/Javascript pada halaman tertentu.

Nah, untuk mendapatkan ID ini bisa kita lakukan dengan 2 metode. Yaitu menggunakan plugin dan tanpa menggunakan plugin. Keduanya sama-sama mudah, tinggal kita sendiri srek menggunakan yang mana. Oke tanpa basa-basi simak tutorial berikut.

Mengetahui ID Page, Post, Category dan Tag

1. Tanpa Menggunakan Plugin

Sebagai contoh disini saya akan menunjukkan cara mencari ID post. Pertama masuk ke dashboard WordPress dan pilih Posts yang ingin ditampilkan ID postnya, lalu arahkan mouse diatas judul artikel. Disaat bersamaan lihat link dipojok kiri bawah. Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut. Angka yang saya tandai “1202” adalah ID post.

Cara Mengetahui ID Page, Post, Category, dan Tag Pada WordPress

Untuk mencari ID Halaman, Tag, dan Kategori caranya pun juga sama seperti diatas. Jadi tinggal dikembangkan saja.

Jika kamu hanya ingin melihat ID tersebut satu atau dua kali, sebenarnya cukup dilakukan dengan cara diatas. Namun jika ingin melakukannya berulang kali, tentu saja hal tersebut tidak efektif. Untuk itu solusinya adalah menampilkannya dengan menambahkan kolom ID pada daftar artikel yang ada, cara tersebut dapat dilakuan dengan install plugin.

2. Menggunakan Plugin

Berikut merupakan beberapa plugin yang dapat kamu gunakan untuk menampilkan ID di berbagai halaman dashboard admin misalnya seperti di halaman post, page, kategori, dan tag. Selain itu sebenarnya plugin ini juga dapat menampilkan hampir seluruh halaman yang memiliki ID termasuk halaman user dan halaman gallery. Untuk mencoba berbagai plugin, kamu dapat mencarinya melalui repositori plugin WordPress. Caranya silahkan buka halaman tambah plugin (Plugins > Add new) dan ketikkan keyword show ID, seperti pada gambar berikut.

Cara Mengetahui ID Page, Post, Category, dan Tag Pada WordPress

Silahkan coba satu persatu untuk mendapatkan plugin yang cocok denganmu.

Menggunakan plugin ataupun tanpa menggunakan plugin masing-masing memiliki keunggulan masing-masing. Jika pencarian ID hanya dilakukan sekali dua kali maka penggunaan metode tanpa plugin sudah cukup menurut saya. Namun jika pencarian ID dilakukan berkali-kali maka memasang plugin adalah solusi yang tepat.

Demikian tutorial cara menampilkan ID Page, Post, Category dan Tag pada WordPress. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here