Beranda Tutorial Cara Mengatur Minimal dan Maksimal Kata pada Kolom Komentar WordPress

Cara Mengatur Minimal dan Maksimal Kata pada Kolom Komentar WordPress

0
Membatasi Minimal dan Maksimal Jumlah Kata pada Kolom Komentar

Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak temen-temen untuk mengkustomisasi WordPress lagi nih. Tutorial kali ini adalah berkaitan dengan kolom komentar, yang mana kita akan memberikan batasan/limit jumlah kata atau karakter pada kolom komentar WordPress.

Jadi pernah beberapa saat yang lalu nih, saya mendapat komentar panjangnya naudzubillah. Udah kayak cerita novel. Saya kurang tau motifnya si pemberi komentar ini apa, namun yang jelas komentar seperti ini saya anggap spam dan layak dimasukkan kedalam trash.

Terus sering juga saya dapati komentar-komentar yang kurang berbobot. Kurang berbobot disini contohnya seperti tq gan, nais gan, keren gan, mantap, dll. Cuma 2 kata gaes 😀 Bukannya apa-apa, namun komentar-komentar pendek seperti ini saya rasa akan lebih berfaedah jika ditambah dengan tanggapan yang positif. Misal: mantap gan, saya sudah coba di blog saya dan berhasil. Kira-kira kalau blablabla…

Nah dari kedua kasus diatas, rasanya capek bukan kalau kita harus memfilter satu-persatu komentar yang masuk secara manual? Beruntungnya disini saya memiliki solusi untuk membatasi minimal dan maksimal jumlah karakter pada kolom komentar. Semuanya serba otomatis.

Jadi ketika min dan maks karakter sudah di set misal di angka 30 dan 500, maka komentar dengan jumlah karakter dibawah 30 maupun diatas 500 akan ditolak. Keren bukan?

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Membatasi Minimal dan Maksimal Jumlah Kata pada Kolom Komentar

Seperti biasa, disini saya menyediakan 2 metode untuk setiap tutorial. Yaitu metode dengan menggunakan plugin dan metode manualan/tanpa plugin.

1. Menggunakan Plugin

Bagi pemula yang ga pengen repot utak-atik jeroan WordPress, maka metode plugin adalah langkah yang tepat. Jadi untuk memberi limit minimal dan maksimal kata pada kolom komentar, temen-temen bisa menggunakan plugin Comment Limiter.

Cukup install dan aktifkan plugin tersebut lalu setting jumlah min dan maks karakter (alfabet) pada menu Comments » Comment Limiter.

Membatasi Minimal dan Maksimal Jumlah Kata pada Kolom Komentar

Plugin ini sudah saya test dan masih bekerja pada WordPress versi terbaru (4.9.6).

2. Tanpa Menggunakan Plugin

Nah buat temen-temen yang udah expert bisa nyobain nih metode manualan. Cukup paste script berikut kedalam file functions.php lalu save.

add_filter( 'preprocess_comment', 'wpb_preprocess_comment' );

function wpb_preprocess_comment($comment) {

if ( strlen( $comment['comment_content'] ) > 500 ) {
wp_die('Please keep your comment under 500 characters.');
}

if ( strlen( $comment['comment_content'] ) < 30 ) {
wp_die('Please use at least 30 characters for your comment.');
}

return $comment;
}

Untuk mengatur min dan maks jumlah kata silahkan ganti teks yang saya tandai dengan warna merah.

Done. Demikian cara memberi limit minimal dan maksimal jumlah kata pada kolom komentar WordPress. Jika mengalami kesulitan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here