Beranda Tutorial Cara Mengatasi Internal Server Error pada WordPress

Cara Mengatasi Internal Server Error pada WordPress

0
Cara Mengatasi Internal Server Error pada WordPress

Jika kamu sudah menekuni WordPress dalam waktu yang cukup lama pasti kamu sudah tidak asing dengan yang namanya HTTP 500 Internal Server Error. Biasanya para nubi WordPress (seperti saya) seketika akan panik ketika mendapatkan error demikian. Padahal sebenarnya Internal Server Error dapat kamu atasi dengan sangat mudah. Untuk itu, disini saya akan menjelaskan sedikit pengertian dan penyebab dari Internal Server Error serta tidak lupa juga memberikan solusi agar kamu dapat menyelesaikan error tersebut.

Penyebab Internal Server Error

Pada dasarnya, Internal Server Error penyebabnya tidak spesifik di WordPress. Yang jelas, error jenis ini dapat terjadi karena ada kesalahan yang menimpa servermu. Beberapa penyebab yang sering ditemui adalah karena file .htaccess yang corrupt atau bisa jadi karena salah setting pada PHP memory limit. Lebih jelasnya dapat kamu temukan dibawah ini.

  • htaccess yang salah, atau seting disebut hak akses yang salah
  • Kesalahan coding di .htaccess
  • Limit memori pada paket hosting yang melebihi batas
  • File index yang tidak pada tempatnya
  • Komputer terserang virus/trojan/spoofing
  • Theme atau plugins yang crash . Jika anda pengguna wordpress maka jika mengalami internal server error bisa disebabkan oleh theme atau plugins yang crash

Untuk lebih baiknya kita bisa cek error log yang terjadi pada website, karena web server jugameninggalkan error log. Di cpanel kita bisa cek melalui cpanel » error log atau bisa lewat file manager » public_html » error_log.

Mengatasi Internal Server Error

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Internal Server Error pada WordPressmu

Cek File .htaccess

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cek file .htaccess. File ini berada didalam direktori instalasi WordPressmu dan biasanya file ini tersembunyi. Untuk menampilkannya kamu dapat mengikuti tutorial pada gambar berikut.

Menampilkan hidden files pada cPanel

Jika sudah ketemu, coba rename file tersebut menjadi terserah (ex: .htaccess_old). Setelah itu coba reload blogmu, apakah berhasil? Jika iya, selamat kamu telah mengatasi Internal Server Error. Jangan lupa untuk masuk ke Settings » Permalinks dan klik tombol Save. Dengan begini, WordPressmu akan menggenerate file .htaccess baru agar post dan laman pada blogmu tidak mengarah ke halaman 404.

Meningkatkan PHP Memory Limit

Jika metode pertama tidak menyelesaikan masalah Internal Server Error, bisa jadi penyebabnya adalah karena WordPressmu mencapai batas limit memory. Hal ini dapat disebabkan karena plugin yang terlalu banyak atau theme yang membutuhkan resource berlebih. Untuk tutorial menaikkan PHP Memory Limit dapat kamu lihat pada artikel Cara Menaikkan Limit Memory PHP di WordPress

Menonaktifkan Satu-persatu Plugin

Selain dengan meningkatkan PHP memory limit, kamu juga bisa melakukan troubleshoot dengan mematikan satu persatu plugin dan mencoba reload blogmu. Beberapa kasus, dengan menggunakan cara ini akan berhasil karena kita bisa menemukan plugin yang menyebabkan masalah.

Karena tidak bisa masuk ke dashboard WordPress, kamu bisa menonaktifkan plugin melalui cPanel/file manager. Masuk ke public_html  wp-content plugins dan rename satu persatu folder plugin yang ada didalamnya. (rename folder = menonaktifkan plugin)

Minta Bantuan Penyedia Hosting

Jika beberapa langkah diatas tidak membuahkan hasil, langkah yang bisa kamu lakukan adalah meminta bantuan dengan mengirim tiket ke penyedia hostingmu. Dengan begitu setiap problemmu akan diatasi oleh yang berpengalaman.

Demikian tutorial mengatasi internal server error pada WordPress dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here