Beranda Tutorial Cara mengatasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance.” di WordPress

Cara mengatasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance.” di WordPress

0
Cara mengatasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance.” di WordPress

Perlu diketahui, setiap plugin, theme, ataupun core WordPress selalu mendapatkan jatah update dari developer. Kegiatan update sangat penting untuk dilakukan, mengingat bahwa setiap versi plugin, theme maupun core WordPress pasti memiliki celah keamanan yang rentan terhadap peretasan atau istilah kerennya dihack. Oleh karena itu dengan melakukan update ke versi terbaru akan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, update di versi terbaru biasanya menyediakan perbaikan dari versi sebelumnya. Seperti peningkatan performa dan penambahan fitur-fitur baru.

Nah, perlu kamu ketahui, ketika melakukan update entah itu update plugin, theme maupun WordPress maka blog kamu secara otomatis akan masuk mode maintenance. Mode ini ditandai dengan munculnya halaman putih bertuliskan Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute. Hal ini wajar karena ketika melakukan update maka beberapa fitur WordPress akan tidak berfungsi sehingga muncullah halaman pengganti maintenance mode yang sifatnya hanya sementara. Sementara disini maksudnya ketika proses update selesai maka halaman maintenance mode akan hilang dengan sendirinya.

Namun juga tidak jarang ketika selesai melakukan update, halaman maintenance mode ini tidak kunjung hilang. Hal ini mengakibatkan kita kesulitan dalam masuk ke dashboard WordPress serta tidak bisa melakukan apa-apa. Lalu bagaimana caranya untuk mengatasi error “Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute” ini ?

Tenang temen-temen, semua pasti ada solusinya. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya tidaklah sulit, hanya dengan beberapa langkah saja sudah bisa menyelesaikan masalah dan yang pasti kita bisa melanjutkan aktifitas ngeblog dengan WordPress seperti biasanya. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini:

Mengatasi Error Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute

Login ke cPanel web hosting blogmu lalu masuk ke bagian File Manager. Atau jika kamu menggunakan server login saja menggunakan SFTP.

Setelah itu masuk ke direktori instalasi WordPress (public_html). Disitu kamu akan menemukan file dengan nama .maintenance. FIle inilah yang berfungsi untuk menampilkan halaman error “Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute”. Untuk menghilangkan error tersebut, langsung saja delete file .maintenancenya. Setelah itu buka kembali blogmu. Sangat simple bukan?

Demikian cara mengatasi error “Briefly Unavailable For Scheduled Maintenance Check back In a Minute” setelah melakukan update WordPress. Selamat ,encoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here