Beranda Wordpress Cara Mengarahkan (Redirect) HTTP ke HTTPS di Nginx

Cara Mengarahkan (Redirect) HTTP ke HTTPS di Nginx

0
Cara Mudah Mengarahkan HTTP ke HTTPS

Jika sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai cara install WordPress di Nginx menggunakan Ngxinstall yang mana secara otomatis telah terinstall SSL Lets Encrypt, kali ini yang akan kita bahas adalah mengarahkan WordPressnya dari HTTP ke HTTPS. Tentunya percuma bukan ketika WordPress telah terinstall SSL tetapi visitor tetep mengakses versi HTTP 😀

Kalo temen-temen menggunakan webserver Apache tentu melakukan redirect dari HTTP ke HTTPS terbilang sangat mudah. Jadi kita hanya perlu memasukkan beberapa baris kode kedalam file .htaccess dan selesai.

Namun bagaimana halnya jika kita menggunakan Nginx? FYI aja nih temen-temen, ketika kamu memilih menggunakan Nginx maka kamu tidak akan menemukan yang namanya file .htaccess. Jadi untuk melakukan redirect-redirect semacam ini langkahnya sudah berbeda dengan apa yang ada di webserver Apache.

Mengarahkan HTTP ke HTTPS di Nginx Webserver

Berbeda dengan Apache, dalam melakukan redirect ke HTTPS pada Nginx, kita perlu memasukkan beberapa baris kode kedalam server blok. Caranya seperti berikut.

Langkah pertama silahkan edit konfigurasi virtual host websitemu. Secara default, tempatnya berada di /etc/nginx/conf.d/.

nano /etc/nginx/conf.d/domainkamu.tld

Jangan lupa ganti dengan nama domain milikmu sendiri.

Kemudian tinggal masukkan script berikut kedalamnya.

server {
        listen 80;
        server_name domainkamu.tld www.domainkamu.tld;
        return 301 https://$server_name$request_uri;
}

Jangan lupa untuk mengganti server_name dengan domain milikmu. Lalu save.

Dengan begitu, setiap permintaan URL websitemu secara otomatis akan dialihkan ke HTTPS. Oiya apakah ini aman di SEO? Tentu, kode 301 menandakan bahwa URL website dialihkan secara permanen. Sehingga Google akan mengindeks versi HTTPSnya.

Demikian cara mengalihkan HTTP ke HTTPS di Nginx webserver. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.