Beranda Tutorial Cara Mengambil Full Screenshot pada Website

Cara Mengambil Full Screenshot pada Website

0
Cara Mengambil Full Screenshoot pada Website

Ketika menemukan sesuatu hal yang bagus atau bermanfaat saat browsing di internet, pasti secara otomatis orang-orang akan melakukan bookmark atau screenshot pada PC mereka. Mudah saja, jika kamu belum tahu cara melakukan screenshot di PC, kamu hanya perlu tekan Windows+PrntScr pada keyboardmu. Namun kelemahan dari screenshot PC ini adalah kamu tidak bisa screeenshot halaman website secara keseluruhan. Jadi hanya seukuran layar saja yang tertangkap. Mungkin kamu perlu melakukan screenshot 2-3x untuk menyimpan satu halaman penuh. Hal ini sama sekali tidak efisien bukan. Tidak seperti smartphone yang saat ini sudah tersemat fitur long screenshot. Yaitu screenshot yang panjangnya tidak ada batasnya.

Menggunakan Web-Capture.net

Nah beruntung sekali saat ini masih ada website tools yang menyediakan alat screenshot untuk capture seluruh halaman website. Namanya adalah Web-Capture.net. Dengan bantuan website ini, aktifitas screenshot akan semakin mudah. Kamu bisa melakukan screenshot satu halaman penuh hanya dengan sekali klik. Tinggal ketik halaman atau link target yang ingin di screenshot, lalu tekan enter. Maka hasilnya akan muncul beberapa saat setelah diproses. Selain itu, kamu juga bisa mengatur format hasil screenshotmu. Seperti JPEG, PNG, BMP, PDF, dll. Berikut adalah hasil tangkapan layar muhammadroyyan.com dari Web-Capture.net.

screenshot muhammadroyyan.com

Selain Web-Capture.net, masih ada website tool yang menyediakan layanan screenshot gratis lainnya, seperti Snapito.

Menggunakan Ekstensi Browser

Jika kamu sering melakukan screenshot, menggunakan Web-Capture.net kurang efisien juga. Meskipun penggunaannya sangat mudah, namun bolak-balik membuka Web-Capture juga akan memakan kuota dan waktu. Nah jika kamu salah satu orang yang memiliki prinsip hemat kuota seperti saya, tidak ada salahnya untuk menggunakan ekstensi browser. Jadi sekali install bisa digunakan untuk seterusnya. Berhubung disini saya menggunakan Chrome, untuk saat ini ekstensi screenshot layar terbaik (dinilai dari rating tertinggi) adalah FireShot.

Install Ekstensi FireShot di Chrome

Untuk menginstall FireShot caranya cukup mudah, buka icon titik 3 dipojok kanan atas Chrome » More Tools » Extentions.

install fireshot

Lalu akan terbuka halaman yang berisi ekstensi yang terinstall pada Chromemu. Scroll kebawah dan klik Get More Extentions. Setelah itu akan terbuka halaman WebStore dari Chrome. Ketik di pencarian FireShot. Lalu klik Add to Chrome pada FireShot.

Install fireshot

Jika ada popup, klik saja Add Extentions. Tunggu beberapa saat hingga FireShot terinstall pada Chrome mu ditandai dengan munculnya ikon FireShot di pojok kanan atas. PENTING! Jangan lupa untuk restart browser terlebih dahulu setelah install ekstensi FireShot.

Cara Menggunakan FireShot

Jika sudah berhasil menginstall FireShot, klik saja ikonnya dipojok kanan atas. Lalu pilih Capture Entire Page.

CARA MENGGUNAKAN FIRESHOT

Secara otomatis FireShot akan mulai capture seluruh halaman website, tunggu hingga selesai. Setelah itu akan terbuka halaman baru FireShot, tanda bahwa screenshot sudah selesai dan bisa kamu save ke PCmu.

CARA MENGGUNAKAN FIRESHOT

Saran dari saya, sebelum melakukan screenshot full satu halaman penuh, pastikan website target tidak terpasang lazyload. Seperti blog muhammadroyyan.com ini, kan terpasang lazyload, jika di screenshot full page hasilnya akan tidak beraturan/berantakan. Demikian tutorial mengambil full screenshot secara keseluruhan halaman website. Selamat mencoba dan semoa bermanfaat.