Beranda Google Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Mudah

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Mudah

0
mendapatkan sitelink

Sebenernya rada-rada telat juga sih saya publish artikel ini sekarang, padahal sudah ada di draft sekitar bulan januari kemarin. Baru sempet saya lanjutkan dan publish artikelnya hari ini.

Sitelink Itu Apa?

Kalau dijelasin pakai kata-kata kayaknya rada ribet juga. Oleh karena itu disini akan saya ambil contoh dari blog saya sendiri. Silahkan ketik nama blog saya di pencarian google “muhammadroyyan.com”, secara otomatis hasil pencarian Google akan menampilkan link blog saya diikuti oleh beberapa sublink dibawahnya. Biasanya akan muncul 2-10 sublink dari blog kita. Nah sublink-sublink inilah yang disebut Sitelink. Biasanya sitelink menandakan link yang sering dibuka atau paling ramai dikunjungi.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google dengan Mudah

Sitelink diberikan langsung oleh google karena situs atau blog tersebut telah di anggap memenuhi syarat atau kriteria tertentu. Hal inilah yang menjadikan sitelink di anggap istimewa. Karena syarat dan kriteria tertentu tersebut hanya Google yang tahu. Kita sebagai pemilik website atau blog hanya bisa mencari cara tersendiri agar sitelink tersebut bisa muncul.

Kapan Mendapatkan Sitelink?

Jika ditanya, memangnya blog muhammadroyyan.com pertama kali mendapatkan sitelink kapan? Yaa… bisa dibilang udah berbulan-bulan yang lalu, sekitar akhir bulan desember. Saya ingat betul sitelink muncul ketika saya lagi sibuk-sibuknya ngurusin tugas akhir hahahaa. Iseng-iseng googling nama blog saya, eh nemu sitelink.

Lalu sitelink ini pernah juga sempat menghilang dari peredaran Google. Hal tersebut bertepatan ketika AMP saya bermasalah. Saya juga kurang begitu paham ada hubungannya atau tidak. Tapi setelah AMP saya selesai dibenahi alhamdulillah beberapa minggu kemudian sitelink muncul kembali.

Nah dilihat dari pengalaman saya diatas, ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil terkait cara mendapatkan sitelink. Kok bisa menghilang dan kok bisa muncul kembali. Semuanya akan kita bahas sedikit demi sedikit dibawah ini. Cekidot.

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Bisa dibilang tidak semua blog bisa menampilkan sitelink. Tidak ada tombol enable atau tombol on/off untuk menampilkan sitelink. Semuanya murni dipilih langsung oleh Google. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, perlu adanya pencapaian khusus untuk mendapatkan sitelink, dimana hanya situs atau blog yang memenuhi syarat dan kriteria tertentu saja yang akan menampilkan sitelink.

Tapi meskipun kita tidak tahu apa syarat dan ketentuannya, bukan berarti akan sangat sulit untuk mendapatkan sitelink. Ada cara mudah agar blog kita dapat menampilkan sitelink di pencarian Google. Gimana caranya? Tinggal contek saja pengalaman-pengalaman saya dibawah ini, dijamin bakalan muncul sitelink 🙂

1. Mendaftarkan Blog di Webmaster Tool

Ini adalah poin paling penting agar blog kita bisa mendapatkan sitelink. Singkatnya, untuk mendapatkan kepercayaan dari Google, maka kita harus memperkenalkan blog kita terlebih dahulu ke Google. Caranya yaitu dengan mendaftarkan blog kita ke Webmaster Tool (saat ini namanya Google Search Console). Tidak hanya didaftarkan saja ya, kita juga perlu yang namanya submit sitemap.xml di Webmaster Tool. Caranya sangat amat mudah, tutorialnya mendaftarkan blog di webmaster tool dan submit sitemap.xml sudah saya bahas diartikel berikut.

2. Gunakan Template atau Theme yang Baik

Saya percaya sitelink hanya bisa kita dapatkan jika struktur data blog atau situs kita rapi. Nah untuk mendapatkan data yang terstruktur caranya sangat mudah, yaitu menggunakan template atau theme yang baik. Baik disini bukan berarti harus yang berbayar lho ya. Yang gratisan juga bisa kok, Asalkan memenuhi fitur-fitur dasar, seperti breadcrumb, menu navigasi, dll.

Nah, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan theme yang baik. Salah satunya yaitu dengan cara mencontek theme atau template dari situs-situs terkenal. Misal situs A menggunakan template brosense dan telah menampilkan sitelink, ya kita ikut-ikutan saja menggunakan brosense. Amannya sih seperti itu.

Sebagai tambahan, jangan terlalu sering gonta-ganti template. Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi struktur data pada blogmu. Struktur blog yang semula rapi bisa rusak seketika gara-gara mengganti template. Jadi alangkah baiknya jika template sudah terpasang biarkan hingga seterusnya. Lebih bagus lagi jika dioptimasi.

3. Update Artikel Secara Rutin

Saya sudah mendaftarkan blog saya di webmaster tool, saya juga sudah mencontek theme atau template website lain, tapi kok belum tampil ya sitelinknya?

Nah mungkin kamu belum menerapkan cara yang ketiga. Padahal cara yang ketiga ini tidak kalah pentingnya. Yaitu menulis artikel secara rutin. Tidak harus setiap hari, ditarget saja seminggu menulis 3-5 artikel. Dengan begitu blog kita akan terlihat semakin aktif dan sudah pasti jumlah visitor akan terus meningkat. Saya tidak menjamin, tapi percayalah beberapa bulan kedepan sitelink akan muncul dengan sendirinya.

Demikian beberapa langkah mudah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan sitelink. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here