Beranda Tips Adsense Cara Mendapatkan Iklan Google Adsense Matched Content

Cara Mendapatkan Iklan Google Adsense Matched Content

6
Matched Content

Kali ini yang akan kita bahas adalah salah satu jenis iklan Google Adsense, namanya Matched Content. Sudah pada tau belum? Mungkin bagi blogger lawas udah pada tau kan yaa, nah untuk yang belum tau nih saya jelasin. Sesuai dengan namanya, matched content atau konten yang sesuai adalah salah satu cara Google untuk merekomendasikan atau mempromosikan kontenmu (dalam hal ini artikelmu) kepada para visitor.

Jika ditanya fungsinya, Matched Content ini sebenarnya hampir mirip dengan widget Related Post, yaitu agar pengunjung lebih betah berlama-lama mengunjungi tiap artikel didalam blog, meningkatkan pageview, serta menurunkan bounce rate.

Baca juga: Pengertian dan Penyebab Bounce Rate

Perbedaannya sendiri adalah Matched Content itu pemberian dari Google Adsense sehingga bisa dimonetisasi, sedangkan Related Post tidak. Nantinya disela-sela matched content tersebut akan muncul iklan yang sesuai dengan niche blogmu. Hal ini secara otomatis juga akan meningkatkan impresi dan pendapatan.

Nah jika kamu belum tau gimana sih bentuknya matched content, coba deh lihat disisi sidebar bagian bawah blog ini. Disitu sudah saya pasang iklan jenis matched content. Jika dilihat sekilas memang bentuknya seperti widget related post. Namun jika diteliti lebih cermat maka kamu akan menemukan logo Powered by Google yang tidak lain adalah ciri khas dari iklan Adsense.

Cara Mendapatkan Iklan Adsense Matched Content

Perlu diketahui temen-temen, iklan matched content ini bisa dibilang iklan langka dan istimewa. Meskipun blogmu sudah terpasang Google Adsense bukan berarti blogmu bisa mendapatkan fitur iklan ini lho. Jadi hanya blog-blog tertentu saja yang layak mendapatkan fitur ini. Blog muhammadroyyan.com (yang lagi kamu baca ini) baru mendapatkan iklan Matched Content sekitar bulan Januari 2018. Jadi bisa dibilang baru dapet setelah 10 bulan ngeblog. Wihh lama juga yaa πŸ˜€

Nah untuk cara mendapatkannya pun jujur saya kurang begitu mengerti karena yang menentukan layak atau tidaknya disini adalah murni oleh Google. Namun dilihat dari pengalaman yang saya lakukan beberapa bulan belakangan sepertinya bisa dijadikan acuan untuk memperoleh iklan Matched Content ini. Jadi disini akan saya bagi menjadi beberapa poin. Cekidot.

1. Trafik Stabil

Beberapa blogger tua (maaf om) mengatakan bahwa iklan Matched Content ini akan diberikan jika trafik blogmu sangat tinggi. Bahkan banyak temen-temen di forum blogger juga berkata demikian. Butuh trafik besar perhari agar Google mau memberikan iklan Matched Content. Namun apakah benar?

Percaya atau tidak, bulan Januari kemarin visitor blog ini tidak lebih dari 500 per hari. Bahkan jumlah page view hanya sekitar 1000an. Namun yang saya tau adalah visitor saya stabil. Bisa dibilang bukannya turun malah meningkat, meskipun masih diangka 500an.

2. Jumlah Artikel

Jumlah artikel juga katanya menjadi syarat wajib untuk mendapatkan Matched Content. Salah satu blog yang dulu jadi panutan saya bilang butuh artikel lebih dari 400an. Banyak juga yak πŸ˜€ Mungkin kalau saya niatpun butuh waktu lebih dari setahun untuk dapet 400an artikel.

Namun hal tersebut saya kira hanya kebohongan saja wakaka. Blog ini sendiri mendapatkan Matched Content saat jumlah artikel stuck diangka 129. Udah jarang ngepost juga (pas saya lagi sibuk ngurus TA). Jadi buat temen-temen yang artikelnya mau mendekati 129, siap-siapin diri kayaknya mau dapet hadiah dari Google nih πŸ˜€

3. Rajin Ngepost Artikel Bermanfaat

Nah, ini yang saya pikir menjadi kunci. Kedua poin diatas saya rasa tidak akan berjalan jika poin yang ini tidak kamu lakukan. Rajin ngepost yang bermanfaat. Jadi disini bermanfaat bukan berarti post tentang isinya tag doang, keyword doang atau AGC yang isinya nihil. Belajarlah membuat artikel yang berguna bagi banyak orang. Dengan begitu visitor akan datang lagi dan lagi. Sehingga secara otomatis poin 1 dan 2 diatas akan tercapai dengan sendirinya.

Beberapa bulan terakhir saya juga memiliki target untuk menulis 2 artikel perhari hingga akhirnya stuck saat menjelang TA. Jika kamu mau kamu juga bisa mencobanya. Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh, percaya atau tidak otak akan makin encer merangkai kata-kata πŸ˜€

“Gan, saya sibuk didunia nyata. Gaada waktu buat nulis, gimana dong?”

Coba malam sebelum tidur pikirkan judul artikel yang ingin kamu buat. Besoknya bangun pagi/atau setelah solat subuh tulis artikel tersebut. Dijamin makin encer πŸ˜€

Demikian cara mendapatkan iklan Google Adsense Matched Content. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

6 KOMENTAR

  1. Google adsense sekarang ada fitur terbaru auto ads (automatically smarter ads) di subject My Ads.
    Gimana itu mas fungsi and cara settingnya. udah baca sih tapi masih bingung. hehehe. Matur nuwun. Mungkin pertanyaan saya ini buat bahan artikel baru tutorial setting auto ads. haha..

    • Kebetulan di akun Adsense saya pada blog ini tidak dpt fitur tersebut mas ????

      Jadi auto ads itu nanti masnya hanya perlu memasang script iklan kalo tidak salah dibagian header. Nantinya untuk jumlah, peletakan dibagian mana iklan akan muncul, jenis iklannya, semuanya diatur oleh Google. Jadi kita tinggal terima jadi.

      Untuk minusnya kita tidak bisa memanage jumlah iklan yg tampil, jadi jika yg muncul katakanlah ada 10 iklan perhalaman tentunya akan memberatkan blog kita.

    • siip mas, udah bikin tutorialnya ya.. matur tengkyu.hehe, Tapi saya ga akan pakai auto ads dulu lah. Masih ragu.hehe

    • matched content dari auto ads ga bagus bro, letaknya asal2an..
      masa matched content nya diletakin dibawah footer bukan di footer, tp dibawahnya sama google -_-
      bikin tampilan blog jelek dan juga ga bakal keliat jg sama visitor mungkin..
      jd ya saya nonaktifkan, nunggu yg bukan dari auto ads aja, blog saya jg baru umur 3bulan

    • tapi auto ads yg untuk iklan vinyet (full layar) sama yg sticky di atas ato bawah layar khusus smartphone, itu baru bagus πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here