Beranda Google Cara Mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret

Cara Mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret

2
Cara Mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret

Oke temen-temen kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika beberapa hari yang lalu iseng-iseng membuat halaman login masuk menggunakan autentikasi Google. Yap, untuk dapat menggunakan layanan login menggunakan Google, maka developer diharuskan untuk punya akses yang namanya Google Client ID dan Google Client Secret.

Lalu bagaimana Cara Mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret? Caranya memang rada sulit tapi saya berhasil mendapatkannya. Hampir mirip seperti cara mendapatkan API Key YouTube yang pernah saya tulis beberapa hari yang lalu. Oke daripada lama-lama simak step-stepnya berikut.

Mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret

Buka halaman Google Developer Console dan login menggunakan akun Google. Jika pertama kali masuk silahkan klik tombol Create Project di pojok kanan atas. Setelah itu klik Create. Beri nama projectmu terserah. Klik Create lagi.
cara mendapatkan api youtubeLalu pilih Credentials » OAuth Consent Screen seperti pada gambar berikut.Mendapatkan Google Client ID dan Google Client SecretKemudian isi form nya, biar gampang yang “Opsional” ga perlu diisi 😀 Setelah itu klik Save. Lalu klik Create Credentials » OAuth Client ID
Mendapatkan Google Client ID dan Google Client SecretTinggal pilih deh platform yang akan digunakan. Kalau saya menggunakan web browser untuk digunakan autentikasi login pada website. Untuk yang lain tinggal disesuaikan saja.
Mendapatkan Google Client ID dan Google Client SecretIsi Authorized redirect URIs dengan http://domainkamu.com/hybrid-auth/endpoint?hauth.done=Google dan jangan lupa ganti dengan nama domain kamu. Lalu klik Create.

Selamat, kamu sukses mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret
Mendapatkan Google Client ID dan Google Client SecretBelum selesai, Client ID tersebut belum bisa digunakan karena belum aktif. Untuk mengaktifkannya caranya masuk menu Library lalu cari Google+ API. Lalu klik Enable
Mendapatkan Google Client ID dan Google Client SecretDone

Demikian tutorial mudah mendapatkan Google Client ID dan Google Client Secret. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.