Beranda Tutorial Cara Mendapatkan API Key Youtube dengan Mudah

Cara Mendapatkan API Key Youtube dengan Mudah

1

Baik API Key Google maupun YouTube digunakan untuk banyak kebutuhan dan itu disesuaikan dengan penggunanya sendiri. Pada kesempatan ini saya ingin share bagaimana cara membuat API Key YouTube dengan mudah.

API key YouTube biasa digunakan oleh para pengembang untuk mendapatkan informasi mengenai YouTube sendiri. Seperti melakukan autentikasi pengguna YouTube, mencari info pada sebuah video dan biasanya API YouTube digunakan oleh para pemilik website grabber. Mereka memasang API untuk mendapatkan embed seluruh video yang ada pada youtube, terkait masalah ini ilegal atau tidak saya tidak akan membahasnya disini. Yang akan saya share kali ini adalah cara mendapatkan API key itu sendiri. Karena menurut saya akan sangat menyulitkan bagi orang awam yang ingin memperolehnya.

Cara Mendapatkan API Key Youtube dengan Mudah

Perlu di ketahui bahwa halaman pembuatan Kode API Key tampilannya bisa jadi berubah – ubah kedepannya, namun intinya tetap sama. Berikut step-stepnya:

  1. Buka laman Developer Google dan login menggunakan akun Google
  2. Lalu klik tombol Create Project di pojok kanan atas
  3. Setelah itu klik Create. Beri nama projectmu terserah. Klik Create lagi.
    cara mendapatkan api youtube
  4. Lalu cari API YouTube, jika tidak ada klik View All
    cara mendapatkan api youtube
  5. Lalu tinggal cari deh API Youtube, yang terbaru untuk saat ini adalah Youtube Data API v3
    cara mendapatkan api youtube
  6. Lalu klik Enable
  7. Nah setelah itu kamu akan dibawa kembali ke halaman Dashboard. Buat Credential agar API tersebut dapat digunakan. Caranya klik Create Credential di pojok kanan atas.
    cara mendapatkan api youtube
  8. Lalu isi form Credential sesuai dengan kebutuhanmu. Jika sudah klik tombol What credential do I need?
  9. Nah inilah yang dinamakan API key YouTube.
    cara mendapatkan api youtube

Silahkan copy kode API Key YouTube tersebut dan di pergunakan sesuai kebutuhan, pastikan kamu selalu merahasiakan kode API Key ya? agar tak di salah gunakan oleh pihak lain.

Oh ya, misal kamu sudah tidak ingin menggunakan API tersebut, kamu bisa menghapusnya pada halaman Credentials. Kemudian hapus daftar API yang tidak terpakai. Saya rasa cukup mudah ya untuk membuat API Key YouTube, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here