Beranda Tips Adsense Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

6
Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, iklan Adsense yang masih hosted tidak bisa dipasang pada blog dengan domain TLD (dalam hal ini .com, .net, .org, dll). Jadi opsinya hanya ada 2, Adsense hosted ini kalau ga dipasang di Youtube ya dipasang di Blogger yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com. Jika tetep dipaksa/ngeyel pengen dipasang kedalam blog TLD, hasilnya sudah ketebak. Iklan ga akan bisa muncul, alhasil tidak akan mendapatkan penghasilan.

Solusi yang paling tepat adalah melakukan upgrade akun Adsense yang semula hosted menjadi non hosted. Nah, dengan memiliki akun Adsense non hosted ini, kita bisa memasang iklan Adsense di seluruh domain maupun platform. Entah itu di domain .com, di .blogspot.com, di YouTube, di Admob, yang pasti semuanya bisa.

Nah masalahnya, melakukan upgrade dari hosted ke non hosted ini ga semudah yang kita kira. Dalam proses upgrade, blog kita akan direview kembali oleh tim Google. Dan hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak pasti. Kadang dibales cepet, kadang dibales lama, kadang juga diPHP. 😀

Nah untuk itu disini saya akan memberikan solusi buat temen-temen yang ingin memasang iklan Adsense hosted kedalam blog dengan domain TLD. Gaperlu ribet-ribet upgrade, yang kita perlukan hanya satu tool bernama Doubleclick for Publisher (DFP).

Kalau ditanya DFP ini apa, saya gabisa jelasin lebih detail. Yang saya tau DFP ini sebuah ad server milik Google yang memungkinkan kita untuk mengelola beberapa akun iklan dalam satu dashboard. Tak hanya itu, dengan menautkan akun Adsense hosted kita di DFP, iklan kita yang semula blank putih jadi bisa lho tayang di domain TLD. Penasaran gimana caranya? Simak step-stepnya berikut. Cekidot.

Cara Menautkan Adsense Hosted di DFP

1. Langkah pertama silahkan kunjungi website Doubleclick for Publisher dan login dengan akun adsense hosted milikmu.

2. Setelah login, atur negara, zona waktu dan mata uang yang sesuai. Setelah itu klik Save and continue.

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

3. Lalu kamu akan diarahkan ke halaman terms DFP. Silahkan dibaca terlebih dahulu ketentuan-ketentuannya lalu klik Accept terms. Selanjutnya untuk preferensi notifikasi ini opsional, boleh dinyalakan atau tidak.

Sampai disini kamu telah berhasil menautkan akun Adsense hostedmu di DFP. Langkah selanjutnya yaitu membuat unit iklan DFP baru untuk dipasang di blog TLD milikmu.

Membuat Unit Iklan Doubleclick for Publisher

Buka menu Inventaris » Unit Iklan » Unit iklan baru (tingkat saat ini) untuk membuat iklan baru.

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

Lalu scroll kebawah dan atur unit iklan sesuai selera. Sebagai contoh disini saya set ukuran 300×250. Jika sudah klik Save.

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

Lalu silahkan klik Buat Tag di sisi kanan.

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

Selanjutnya silahkan klik next next saja sampai kamu mendapatkan kode iklannya.

Nah, FYI aja nih temen-temen, kode iklan DFP ini ada 2 bagian. Yang satu ditempatkan di tag <head> (silahkan ikuti petunjuk di DFP) dan satu lagi ditempatkan di target lokasi iklannya (bisa di sidebar widget, header, dll).

Cara Menampilkan Iklan Adsense Hosted di Domain TLD

FYI aja nih temen-temen, setelah script sukses terpasang, iklan ga langsung akan muncul. Emang rada lama sih munculnya, pengalaman saya dulu bisa nyampe berjam-jam. Jadi jangan terlalu ditungguin. Oiya, sebagai informasi tambahan nantinya penghasilan Adsense DFPmu tetap akan ditampilkan melalui dashboard Adsense. Ya kayak Adsense biasanya.

Demikian cara memasang iklan Adsense hosted di domain TLD. Jika mengalami kesulitan bisa bertanya di komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

6 KOMENTAR

  1. Wah, artikel yang sangat membantu bagi blogger newbie kek saya. Walau sebenarnya saya belum punya akun adsense hostes sih mas hehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here