Beranda Online Shop Cara Mudah Membuat Website Online Shop Gratis

Cara Mudah Membuat Website Online Shop Gratis

0
Membuat Website Online Shop Gratis

Karena tutorial ini akan sangat panjang maka akan saya persingkat saja dan saya bagi dalam beberapa subbab sehingga memudahkan pembaca dan agar tidak bosan. Selain itu akan saya jelaskan tiap step secara rinci agar nantinya setelah membaca artikel ini pembaca mampu memahami maksud dari tiap step serta mampu menjalankan website online shop secara mandiri kedepannya. Percaya atau tidak, disini saya akan memberikan tutorial membuat online shop yang keren, tidak abal-abal, tahan banting, fast load dan tentunya Free. Untuk demonya dapat anda lihat disini. (Jangan dipake belanja, itu Demo! 😀 ) Oke langsung aja berikut langkah-langkahnya…

Tentukan CMS

Sebelum membuat online shop, terlebih dahulu tentukan CMS apa yang akan digunakan. CMS yang bisa kita gunakan untuk membuat online shop saat ini, setau saya yaitu WordPress, Blogspot, Opencart, Magento dan Prestashop. Namun untuk tutorial saat ini saya akan menggunakan WordPress dalam pembuatan online shop. Yaitu dengan bantuan plugin Woocommerce. Saya lebih prefer penggunaan WordPress, Blogspot, Opencart, Magento dan Prestashop karena didalamnya memiliki banyak keunggulan. Untuk wordpress sendiri kita bisa kustomisasi plugin dan theme. Berbeda dengan website penyedia onlineshop otomatis yang tinggal klik langsung jadi, jangan harap bisa tambahin plugin, tampilannya pun gitu gitu aja, pakai subdomain pula (Ex: olshop.subdomain.com) keliatan abal-abal kan? 😀 Oke tutorial kali ini saya gunakan WordPress, untuk CMS yang lainnya akan saya bahas di next artikel.

Siapkan Bahan dan Install WordPress

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat online shop pada CMS WordPress:

  1. Domain
  2. Hosting

Bukannya berbayar? Tenang aja, keduanya bisa kamu dapatkan gratis kok. Untuk domain dan hosting gratis serta tutorial install WordPress dapat kamu temukan disini. Jika kamu menggunakan hosting sendiri jangan lupa atur nameservernya. (tiap hosting memiliki nameserver berbeda, jika bingung tanyakan pada penyedia layanan hosting kamu).

Install Plugin Woocommerce

Install dan aktifkan plugin Woocommerce yang ada pada plugin library wordpress. Setelah itu ikuti setiap instruksi instalasi. Untuk tutorial lebih jelasnya dapat kamu temukan disini.

Optimasi WordPress

Website sudah jadi, sekarang waktunya optimasi. Disini optimasi yang saya maksud meliputi peningkatan kecepatan loading website. Untuk itu perlu menambahkan beberapa plugin rekomendasi dari saya yang dapat kamu lihat disini. Untuk cara installnya sama seperti install Plugin Woocommerce diatas.

Tambahkan SSL (HTTPS)

Punya online shop pasti urusannya sama duit. Untuk itu perlu yang namanya sekuriti buat website, biar aman. Sekuriti yang saya maksud bukanlah pak satpam yang siap jaga 24 jam loh ya 😀 . Jadi dalam website dapat kita tambahkan yang namanya SSL atau https di awal nama domain. Kayak blog saya nih pake SSL, https://muhammadroyyan.com. Untuk fungsi dan cara pasangnya dapat kamu temukan disini. Gratis kok. Atau kalau mau tau penyedia SSL gratis yang lain, nih disini. 😀 (Jika sudah menggunakan CDN Cloudflare langkah ini bisa dilewati)

Submit Website di Google Webmaster Tools

Setelah website telah siap, langkah penting yang harus diambil adalah submit URL website di Webmaster Tools. Hal ini bertujuan agar website kita diindex oleh Google sehingga muncul di daftar pencarian search engine Google. Untuk tutorialnya dapat kamu temukan disini.

Promosikan Website

Langkah selanjutnya adalah promosikan website. Tujuannya ya agar website kita kebanjiran visitor. Target utama promosi bisa menggunakan jalur sosial media. Facebook dan Instagram merupakan sosial media paling rame untuk saat ini. Tidak ada salahnya tiap hari atau beberapa hari sekali kita share URL website di Sosial Media. Jangan lupa gunakan strategi bait klik agar visitor penasaran untuk klik link website kita. Contoh: Jual Baju Batik Murah Meriah dengan foto Justin Bieber pake batik.

Nah demikian tutorial membuat website online gratis versi muhammadroyyan.com, Untuk tutorial update produk akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Disclaimer

Penyampaian hal-hal yang berkenaan dengan konten, hak cipta, kerja sama, periklanan, kritik, saran ataupun pertanyaan bisa menghubungi saya melalui email berikut.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here