Beranda Tips Cara Membuat Sticky Widget Pada Sidebar WordPress

Cara Membuat Sticky Widget Pada Sidebar WordPress

0
Cara Membuat Sticky Widget Pada Sidebar WordPress

Secara default, widget pada sidebar WordPress ini sifatnya normal. Maksudnya ketika pengunjung melakukan scroll kebawah, widget secara otomatis akan bergerak keatas. Nah, tanpa kita sadari hal tersebut ternyata meninggalkan ruang kosong pada sidebar. Padahal nih temen-temen, ruang kosong ini sebetulnya bisa kita manfaatkan untuk mengoptimalkan revenue dari website kita lho. Caranya bagaimana? Yaitu dengan menggunakan Sticky Widget.

Nah, sebelumnya sudah pada tau kan maksud dari sticky widget? Sticky widget bisa diartikan sebagai widget yang menempel, kalau orang bule biasa menyebutnya fixed widget. Maksudnya yaitu widget ini sifatnya fix, meskipun kita scroll keatas maupun kebawah, sticky widget ini akan selalu mengikuti pergerakan (tetap menempel). Contohnya seperti berikut.

Memasang Sticky Widget WordPress

Beruntungnya saat ini ada lho plugin yang bisa memudahkan kamu dalam membuat sticky widget pada sidebar. Nama pluginnya adalah Q2W3 Fixed Widget. Tenang saja plugin ini gratis kok.

Jadi temen-temen cukup install dan aktifkan plugin tersebut lalu buka widget dan beri centang fixed pada widget yang ingin dijadikan sticky. Selesai. 😀

Cara Membuat Sticky Widget Pada Sidebar WordPress

Dari sini mulai terbayang bukan manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memasang sticky widget? Coba deh dibayangin, jika yang dijadiin sticky adalah widget popular post atau bisa juga pasang sticky pada formulir newsletter di sidebar, tentu peluang widget tersebut diklik oleh pengunjung akan semakin besar bukan? Nambah pageview, nambah subscriber, nambah penghasilan juga bukan? 😀

Bener juga itu gan, tapi kalau yang saya jadiin sticky itu iklan Adsense bagaimana ya?

Nah ini, kebanyakan temen-temen pengguna Adsense biasanya main “nakal” dengan memasang sticky Ads pada sidebar. Hal tersebut sebenernya sangat amat dilarang dalam TOS Google. Adsense kalian bisa mendapat teguran, suspend, atau lebih parahnya Adsense kalian juga bisa mendapatkan banned jika ketahuan memasang sticky ads. Kecuali jika Adsense milik kalian ini mendapat restu khusus dari Google (Adsense Premium).

Demikian cara memasang sticky widget pada sidebar WordPress. Mohon maaf untuk saat ini masih belum nemu tutor yang manualan/tanpa plugin 😀 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here