Beranda Tutorial Cara Membuat HTML Sitemap di WordPress Tanpa Plugin

Cara Membuat HTML Sitemap di WordPress Tanpa Plugin

0
Cara Membuat HTML Sitemap di WordPress Tanpa Plugin

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara membuat HTML sitemap di WordPress tanpa menggunakan plugin. Tutorial ini sedikit rumit karena harus berurusan dengan kode-kode PHP. Sehingga kalau ingin simple ya harus menggunakan plugin. Tetapi seperti yang kita ketahui, menggunakan plugin akan berpengaruh terhadap kecepatan blog. Untuk itu tutorial tanpa plugin ini sangat saya rekomendasikan meskipun akan sedikit sulit dimengerti oleh orang awam. Berikut langkah-langkah membuat HTML sitemap tanpa menggunakan Plugin WordPress.

Membuat HTML Sitemap tamplate di WordPress Hosting

Sebelum membuat sitemap kita harus melakukan setting pada theme agar mampu menampilkan sitemap. Oleh karena itu backup terlebih dahulu untuk berjaga-jaga jika nanti terjadi apa-apa. Oke berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke cPanel lalu buka direktori public_html » wp_content » themes. Pada direktori ini mungkin akan terlihat beberapa themes, Klik themes yang kamu gunakan sekarang. Setelah itu buat file baru dengan memberi nama page-sitemap.php. Edit file tersebut dan ketikkan kode php seperti berikut didalamnya. Setelah itu klik save.
    <?php
    /* Template Name: HTML Sitemap Page */
    ?>
  2. Langkah selanjutnya yaitu menyalin semua kode yang ada di page.php ke page-sitemap.php. Sehingga nantinya isi dari page-sitemap.php kurang lebih seperti berikut.
    Cara Membuat HTML Sitemap di WordPress Tanpa Plugin
  3. Sekarang ganti kode di bagian <?php the_content(); ?>. Biasanya terlihat seperti kode di bawah ini
<?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?> <?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?>
    <?php get_template_part( 'sections/content', 'page' ); ?>
<?php endwhile; ?>

Pastikan sudah tidak ada error pada editor cPanel. Jika sudah klik Save.

Membuat Halaman Sitemap

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman sitemap. Klik Laman » Tambah Baru beri judul “Sitemap“. Lalu pada bagian Tab Atribut halaman, ganti Tamplate Default ke HTML Sitemap Page. Lalu klik Publish.

Cara Membuat HTML Sitemap di WordPress Tanpa Plugin

Tinggal di cek deh hasilnya. Sampai disini kamu sudah berhasil membuat HTML sitemap tanpa menggunakan plugin. Untuk demonya dapat kamu lihat melalui link berikut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya: