Beranda FYI Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

0
Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Oke temen-temen, kali ini saya akan sharing mengenai tutorial membuat email dengan domain sendiri. Jadi buat temen-temen yang udah punya domain, entah itu domain berbayar maupun gratisan, semua bisa kok digunakan untuk bikin email dengan domain sendiri. Istilah orang-orang sih email custom domain. Jadi sebagai contoh domain muhammadroyyan.com, bisa dibuat email custom domain seperti [email protected], atau [email protected]

Manfaat Email Custom Domain

Memiliki email custom domain atau email dengan nama domain sendiri dapat memberikanmu beberapa manfaat. Salah satunya adalah kamu akan terlihat profesional. Percaya atau tidak, jika kamu memiliki usaha dibarengi dengan memiliki email custom domain maka secara otomatis akan meningkatkan reputasi dari usahamu itu sendiri. Kekerenanmu akan meningkat. Usahamu akan terlihat lebih prestise dimata pebisnis lainnya ataupun dimata klien. Hal ini disebabkan alamat email yang menggunakan nama domain akan meningkatkan rasa percaya yang lebih tinggi daripada menggunakan email gratis dari Gmail ataupun Yahoo. Selain itu email custom domain dapat digunakan sebagai penanda atau autentikasi bahwa pemilik email mempunyai hubungann dengan domain yang bersangkutan, misal [email protected] dapat dipastikan royyan merupakan salah satu staff atau bisa jadi pemilik dari perusahaanxxx tersebut.

Membuat Email Custom Domain

Untuk dapat membuat email custom domain maka perlu yang namanya mail server. Nah jika kamu membeli domain sepaket dengan hosting, biasanya sudah termasuk mail servernya. Jadi tinggal create akun email di cPanel, sudah bisa digunakan untuk berkirim-kirim email. Sangat instant memang.

Lalu bagaimana untuk para pengguna blogspot? Atau pengguna VPS seperti saya yang bingung setting mail server. Tenang, ada solusinya kok. Kamu dapat menggunakan layanan mail server gratis seperti Google Apps atau Zoho Mail. Nah berhubung Google Apps ini berbayar tiap bulannya jadi pilihannya tinggal satu, Zoho Mail. Zoho mail ini gratis kok, jadi gaperlu deh langganan tiap bulan. Selain itu kamu juga bisa membuat 25 user email dengan akun Zoho gratismu. Keren bukan? Oke deh daripada lama-lama langsung aja simak step-stepnya. Disini saya akan memberikan tutorial untuk membuat custom domain dengan menggunakan Zoho Mail.

Membuat Email Custom Domain Menggunakan Zoho Mail

Dalam membuat email custom domain, syarat yang dibutuhkan adalah kamu harus mempunyai pengaturan DNS (DNS management) pada domain yang akan kamu gunakan untuk custom email. Wajib, karena nanti akan digunakan untuk menambahkan DNS record. Tapi saya rasa registrar domain jaman now sudah menyematkan fitur DNS management. Jadi tidak perlu khawatir. Tapi jika pada domain kamu memang tidak disediakan fitur DNS management, kamu bisa mencoba DNS hosting dari Hurricane Electric. Gratis kok.

Baca juga: Cara Mendapatkan DNS Hosting Gratis dari Hurricane Electric

Oke lanjut, saya anggap disini kamu sudah memiliki DNS management pada domainmu. Disini saya menggunakan domain dari RumahWeb, kebetulan sudah ada fitur DNS managementnya, tapi karena sangat-sangat lemot parah (bukan bermaksud menjatuhkan, namun memang lemot asli -_-) jadi saya menggunakan DNS gratis dari Hurricane Electric. Untuk tutorial membuat email dengan domain sendiri, simak video tutorial berikut

Demikian tutorial membuat email dengan domain sendiri atau biasa disebut email custom domain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here