Beranda Tutorial Cara Membuat Custom Nameserver dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Custom Nameserver dengan Domain Sendiri

0
custom nameserver

Halo temen-temen, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai cara membuat custom nameserver dengan menggunakan nama domain sendiri. Sebagai contohnya seperti nameserver yang saya gunakan saat ini yaitu ns1.muhammadroyyan.com, ns2.muhammadroyyan.com. Nah, untuk membuat custom nameserver seperti punya saya diatas kamu bisa memanfaatkan layanan DNS gratis dari Hurricanes Electric (HE).

Membuat Custom Nameserver dengan Hurricanes Electric

Karena menggunakan HE disini adalah syarat wajib, pastikan kamu sudah mengarahkan nameservermu ke nameserver HE. Untuk tutorial lebih lengkap mengenai HE ini silahkan menuju artikel saya berikut.

Nah jika DNS domain kamu sudah sukses terhosting di HE, langkah selanjutnya silahkan membuat 5 A Record dengan alamat IP masing-masing sebagai sebagai berikut.

custom nameserver

  • ns1.domainkamu.com216.218.130.2
  • ns2.domainkamu.com216.218.131.2
  • ns3.domainkamu.com216.218.132.2
  • ns4.domainkamu.com216.66.1.2
  • ns5.domainkamu.com216.66.80.18

Sehingga jadinya nanti kurang lebih seperti ini

custom nameserver

Lalu langkah selanjutnya yaitu pada dashboard DNS manager ganti nameserver HE menjadi nameserver yang telah kamu buat sebelumnya. Jadi maksudnya disini adalah ganti ns1.he.net ke ns1.domainkamu.com dan seterusnya.

custom nameserver

Setelah itu silahkan beralih ke panel manajemen domainmu lalu cari fitur Register Nameserver (kalau di Qwords). Untuk registrar domain lainnya mungkin istilahnya berbeda. Jika bingung tanya saja sama CS 😀

Nah pada bagian Register Nameserver silahkan masukkan seluruh nameserver yang telah kamu buat sebelumnya dengan masing-masing alamat IPnya.

custom nameserver

Nah jika semuanya sudah beres, langkah terakhir adalah mengganti nameserver HE dengan custom nameserver yang baru. Lalu cek whois domainmu, pasti nameservernya menunjukkan custom nameserver domain yang barusan kamu buat.

custom nameserver

Demikian cara membuat custom nameserver menggunakan nama domain sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here