Beranda Tutorial Cara Mematikan RSS Feed WordPress Dengan dan Tanpa Plugin

Cara Mematikan RSS Feed WordPress Dengan dan Tanpa Plugin

0
Mematikan RSS Feed Wordpress Dengan dan Tanpa Plugin

Pada dasarnya, RSS Feed itu berguna untuk pembaca yang selalu setia mengikuti setiap tulisan website yang baru dipublikasikan. Namun beberapa orang yang kurang kreatif memanfaatkan fitur RSS ini untuk melakukan Copas (copy-paste), grabbing artikel dengan AGC tools (Auto Generate Content). Ya meskipun saya kurang begitu mengerti trik copy melalui RSS feed secara otomatis, namun akan sangat merugikan bila saja konten yang kita ketik malah dicopas. Oleh karena itu, alangkah lebih baik kalau dimatikan permanen saja RSS Feed ini. Karena lebih banyak mudhorotnya ketika dinyalakan. Hehe

Nah setidaknya ada 2 cara untuk menonaktifkan fitur ini, keduanya sama-sama mudah. Yang satu adalah menggunakan plugin, dan yang satu lagi yaitu tanpa plugin dengan cara melakukan edit file functions.php dan menyisipkan beberapa baris script. Daripada basa-basi langsung saja simak caranya berikut.

Cara Pertama: Mematikan RSS Feed WordPress dengan Plugin

Cara yang ini sangat saya rekomendasikan bagi para pemula karena tidak beresiko. Jadi tinggal kamu install dan aktifkan plugin Disable Feeds. Dibiarkan aktif saja sudah cukup karena tanpa di setting atau dalam posisi default saja sudah mematikan seluruh RSS Feed. Jika tidak ingin mematikan semuanya, kamu juga bisa mengaktifkannya pada bagian tertentu saja. Jadi ada:

  • Redirect feed requests to corresponding HTML content: Ini akan mengalihkan setiap akses ke link RSS ke konten aslinya.
  • Issue a Page Not Found (404) error for feed requests: Yang ini akan menampilkan error 404 not found apabila ada permintaan akses ke feednya.
  • Do not disable the global post feed and global comment feed: Hanya feed untuk posting dan komentar secara global yang aktif.

Cara ini saya rekomendasikan bagi blogger awam daripada edit file functions.php dan menambahkan kode PHP didalamnya.

Cara Kedua: Mematikan RSS Feed WordPress tanpa Plugin

Cara kedua ini menurut saya lebih simple karena kita hanya tinggal menambahkan beberapa baris script kedalam file functions.php.  Karena metode ini membutuhkan edit file tema jadi dimohon untuk melakukan back up terlebih dahulu.

  1. Masuk cPanel dan masuk ke direktori public_html/wp-content/themes/pilih theme yang aktif/
  2. Lalu cari file functions.php, kemudian edit file dengan cara klik kanan » edit
  3. Lalu masukkan script berikut kedalam file functions.php pada bagian paling bawah
    function matikan_feed() {
    wp_die( __('Mohon maaf Copaser yang budiman, kami tidak menyediakan feed. Silahkan kunjungi https://muhammadroyyan.com') );
    }
    add_action('do_feed', 'matikan_feed', 1);
    add_action('do_feed_rdf', 'matikan_feed', 1);
    add_action('do_feed_rss', 'matikan_feed', 1);
    add_action('do_feed_rss2', 'matikan_feed', 1);
    add_action('do_feed_atom', 'matikan_feed', 1);
  4. Ganti baris yang saya tandai merah dengan blogmu, kamu juga bisa kreasikan baris yang saya tandai biru dengan kata-katamu sendiri.
  5. Klik save.

Selesai, mudah bukan? Untuk mencobanya silahkan buka http://domainkamu.com/feed.

Mematikan RSS Feed WordPress Dengan dan Tanpa Plugin

Jika terdapat pesan seperti yang saya tandai warna berarti sukses. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan karena nantinya dapat menyebabkan blogmu tidak bisa dibuka.

Demikian tutorial mematikan feed wordpress dengan dan tanpa plugin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here