Beranda Tips Blogspot Cara Memasang Lagu di Blog AutoPlay (Otomatis Putar)

Cara Memasang Lagu di Blog AutoPlay (Otomatis Putar)

16
Cara Memasang Lagu di Blog AutoPlay (Otomatis Putar)

Pasti kalian pernah mengunjungi suatu blog, lalu tiba-tiba secara otomatis iringan lagu terdengar? Pernah bukan? Nah sebenarnya ini bukan magic ataupun ilmu sihir temen-temen. Asal muasal musik tersebut sebenarnya memang sengaja dipasang/embed oleh pemilik blog secara autoplay (otomatis terputar) agar para pengunjung enjoy dalam membaca artikel-artikelnya.

Menambahkan musik atau lagu di Blog itu sebenarnya sah-sah saja. Menurut saya hal tersebut merupakan salah satu cara pemilik blog untuk dapat mengungkapkan ekspresinya. Nah untuk kamu yang juga ingin memasang lagu di blog juga tidak boleh sembarangan. Ada aturannya. Paling tidak harus sesuai dengan nichenya yaa. Jadi sebelum mulai memasang musik di blogmu, pastikan kamu sudah mengetahui genre musik yang pas. Misal nih, blog yang berisi novel atau cerpen-cerpen cinta, paling cocok jika diiringi musik-musik klasik atau melow. Lalu blog-blog yang membahas cerita anime, lebih cocok jika diiringi lagu jejepangan. Jadi harus match antara niche dengan genre musiknya. Jangan sampai niche blogmu misalnya religi lalu malah dipasang lagunya BadAss – Awkarin. Atau misal blog berniche lendir (baca: bokep) malah dipasang lagunya Opick.

Oke terlepas dari itu, kali ini saya akan memberikan tutorial untuk memasang musik atau lagu di blog autoplay. Caranya sangat mudah, silahkan simak tutorial berikut.

Memasang Musik atau Lagu di Blog Autoplay (Otomatis Putar)

Memasang lagu ke blog yang otomatis diputar atau autoplay dapat dengan mudah kamu lakukan, kamu hanya perlu memasang sebuah widget pada blogmu yang berisi dengan script dari website SoundCloud. Kenapa memilih SoundCloud? Karena lagu apa saja disini mudah didapatkan. Terlebih lagi kamu bisa bebas memilih lagu pilihanmu sendiri. Berikut cara mendapatkan script SoundCloud

  1. Buka situs SoundCloud
  2. Pada kotak pencarian, ketikkan judul lagu atau musik yang ingin digunakan lalu klik search.
  3. Jika lagu yang dicari sudak ketemu klik tombol Share.
    Cara Memasang Lagu di Blog AutoPlay (Otomatis Putar)
  4. Pada tab yang baru muncul klik pada bagian Embed
  5. Scroll kebawah dan centang Enable automatic play agar musik otomatis memutar dan pilih size 300px agar minmalis.
  6. Lalu copy code yang diberikan.

Cara Memasang Lagu di Blog AutoPlay (Otomatis Putar)

Memasang Script SoundCloud di Blogspot

Nah setelah mendapatkan script soundcloud, langkah selanjutnya yaitu memasang script tersebut kedalam blog, caranya seperti berikut

  1. Buka dashboard Blogger
  2. Pilih menu Tata Letak
  3. Lalu pilih tambah Widget
  4. lalu pilij HTML/JavaScript
  5. Paste code SoundCloud yang sudah kamu dapatkan sebelumnya
  6. Lalu klik save.

Cara Memasang DMCA Badge pada Blogspot dan WordPress

Nah sekarang setiap kali ada pengunjung di blogmu, maka secara otomatis lagu akan terputar. Semoga saja dengan menambahkan lagu akan berdampak positif. Demikian tutorial menambah musik di blog, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.