Beranda Tips Adsense Cara Memasang Iklan Adsense di Dalam Artikel WordPress Tanpa Plugin

Cara Memasang Iklan Adsense di Dalam Artikel WordPress Tanpa Plugin

4
adsense

Jika sebelumnya sudah pernah saya bahas mengenai Cara Pasang Iklan Adsense di Dalam Post WordPress (dalam hal ini menggunakan plugin), kali ini saya akan membuat artikel tandingannya, yaitu tutorial untuk memasang adsense di dalam artikel WordPress tanpa menggunakan plugin. Intinya sih sama, jadi penempatan iklan Adsense nantinya diletakkan di atas, ditengah dan dibawah artikel. Hanya saja disini saya akan menggunakan teknik manual, yaitu membuat slot iklan didalam file single.php.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan plugin yang terlalu banyak akan mempengaruhi performa blogmu. Hal ini dikarenakan setiap plugin yang terpasang tentunya akan menghabiskan resource hosting. Jika dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin kecepatan blogmu akan berkurang, lemot, dan yang pasti akan berdampak buruk di hasil pencarian.

Salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan cara menghemat penggunaan plugin. Caranya bagaimana? Kamu bisa mengawalinya dengan menghapus plugin yang dirasa tidak penting. Yaa.. kalau menurut saya selama masih ada metode manual, maka wajib hukumnya untuk menghindari penggunaan plugin, termasuk dalam memasang iklan Adsense di WordPress.

Nah, daripada basa-basi langsung saja simak tutorial memasang iklan Adsense didalam artikel WordPress tanpa plugin. Cekidot.

Memasang Iklan Adsense di WordPress Tanpa Plugin (Atas, Tengah, dan Bawah Artikel)

Pada cara yang akan saya tuliskan dibawah ini, ada 3 unit iklan yang akan digunakan. Diantaranya adalah unit iklan ukuran 300ร—250 yang akan diletakkan diatas artikel, unit iklan In-Article ads yang akan diletakkan ditengah-tengah artikel dan unit iklan 336ร—280 yang akan diletakkan dibawah artikel.

Jadi sebelumnya siapkan terlebih dahulu kode iklan Adsense responsive agar dapat mengikuti ukuran slot yang telah disediakan.

Perlu diperhatikan, karena kita akan mengedit file-file jeroan, jadi sebelum melanjutkan ke step berikutnya dimohon untuk melakukan backup WordPress terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mudah Backup WordPress di Google Drive

Jika sudah silahkan buka Dashboard WordPress ยป Appearance ยป Editor. Lalu pilih single.php.

singlephp

Jika sudah terbuka, didalam single.php cari <?php the_content(); ?> . Hapus dan ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini

<div style="float:left; margin:0 20px 10px 0;">
TEMPATKAN UNIT IKLAN 300X250 DISINI
</div>
<?php
$where =0;
$content = apply_filters('the_content', get_the_content());
$content = explode("</p>", $content);
for ($i = 0; $i <count($content); $i++) {
if ($i == $where) { ?>
<div style="float:left; margin:-10px 0 0 0;">
</div>
TEMPATKAN UNIT IKLAN NATIVE IN-ARTICLE DISINI
<?php
}
echo $content[$i] . "</p>";
}
?>
</script>
<p></p>
TEMPATKAN UNIT IKLAN 336x280 DISINI
<p></p>

Jangan lupa ganti teks yang ditandai dengan warna merah dengan kode unit iklan yang telah ditentukan. Setelah itu klik Update File. Selesai.

Demikian cara memasang iklan Adsense didalam artikel WordPress tanpa menggunakan plugin. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here