Beranda Google Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

0
Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Kali ini yang akan kita bahas adalah cara melaporkan artikel copas (copy paste) ke DMCA Google. Jadi untuk yang belum tau atau masih awam, DMCA Google ini merupakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google untuk menindak para pelaku copas artikel blog kita. Jadi buat temen-temen yang sering mengalami artikelnya dicopas atau di duplikat oleh orang lain, bisa menggunakan tools DMCA removal dari Google ini. Dijamin deh artikel-artikel copas terlapor langsung menghilang dari peredaran Google 😀

Pengalaman Melaporkan Artikel Copas ke Google DMCA

Pengalaman saya menggunakan tools ini bermula tepat beberapa hari yang lalu. Seperti biasanya, saya mengecek backlink-backlink yang mengarah pada blog muhammadroyyan.com. Ada beberapa blog yang mencantumkan URL blog ini namun begitu saya cek blognya ternyata artikelnya full copas bulat-bulat (tanpa diedit maksudnya). Dan yang paling mengherankan, tidak hanya artikelnya saja yang dicopas. Gambar bahkan iklan adsensenya pun juga ikut ke copas :’v. Meskipun iklannya ga muncul sih. Namun yang jelas ada space/gap diantara paragraf yang saya yakini itu mirip adspace iklan milik blog ini.

Hal tersebut sontak membuat saya penasaran dan ingin mencoba lapor ke DMCA Google. Berhubung ini adalah pertama kalinya ngelaporin blog copas di DMCA Google. Jadinya ya sedikit ragu juga, apakah benar artikel terlapor akan segera dihapus oleh Google? Lalu bagaimana cara melaporkannya?

Oke daripada lama-lama langsung simak tutorial lapor artikel copas ke Google DMCA berikut. Cekidot.

Lapor Artikel Copas ke Google DMCA

Disini saya akan memberikan contoh step to step untuk melakukan laporan ke Google DMCA. Caranya cukup mudah dan tentu saja gratis. Jadi temen-temen tidak perlu bingung masalah biaya. 😀

Langkah pertama silahkan buka halaman Google DMCA Notice. Didalamnya terdapat sebuah form isian yang perlu diisi untuk melaporkan konten plagiat.

Silahkan diisi dengan data-data yang valid untuk menghindari penolakan saat melakukan laporan. Jika kamu bingung, bisa disesuaikan dengan punya saya dibawah ini. Jadi untuk memudahkan, disini akan saya bagi menjadi 4 bagian, yaitu Contact Information, Copyrighted Work, Sworn Statements dan Signature.

1. Contact Information

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Pada bagian ini terdapat beberapa kolom isian yang terdiri dari nama depan, nama belakang, nama perusahaan, pemegang hak cipta, alamat email dan negara bagian/wilayah. Silahkan diisi dengan data informasi yang sebenar-benarnya sebagai bentuk tanggung jawab terkait laporan yang dikirimkan kepada Google DMCA.

  • First name: Isi nama depanmu
  • Last name: Isi nama belakang/keluargamu
  • Company name: Bisa diisi dengan nama blogmu (tidak wajib diisi)
  • Copyright holder: Pilihan disesuaikan
  • Email address: Isi dengan email yang tertaut di blog agar lebih mudah disetujui
  • Country/region: Indonesia

2. Copyrighted Work

Cara Melaporkan Blog Copas ke Google DMCA

Pada bagian ini terdapat 3 kolom isian. Masing masing memiliki fungsi tertentu. Diantaranya adalah:

  • Kolom 1 berfungsi sebagai wadah deskripsi konten yang di plagiat/copas. Jadi tinggal diisi saja contoh paragraf/kalimat yang diplagiat/copas. Kalau yang dicopas satu artikel full tetap masukin 1 paragraf saja.
  • Kolom 2 berfungsi untuk menunjukkan lokasi konten asli milikmu berada. Jadi tinggal diisi saja link artikelmu yang telah dicopas. Misal: https://original.tld/cara-mandiin-kucing
  • Kolom 3 berfungsi untuk menunjukkan lokasi artikel  si pelaku copas. Jadi tinggal diisi saja dengan link artikel blog pengcopas. Kalau misal ada 10 pengcopas ya tinggal masukin semuanya. 1 baris untuk 1 link. Misal: https://copas.tld/cara-memandikan-kucing

3. Sworn Statements

Bagian selanjutnya adalah Sworn Statements. Disini tugas kamu hanya perlu memberikan centang di ketiga pernyataan yang telah disediakan.

4. Signature/Tanda Tangan

Ada 2 poin yang perlu kamu isi pada bagian ini. Yang pertama adalah tanggal dengan format MM/DD/YYYY yang berarti, bulan/hari/tahun. Selanjutnya yang kedua adalah nama lengkap kamu. Jadi jangan sampai keliru yaa.

Langkah yang terakhir yaitu sliahkan klik tombol Submit untuk menyelesaikan proses laporan kepada Google DMCA. Pastikan kamu telah mengecek satu persatu bagian formulir sebelum melakukan Submit. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan pengisian formulir.

Jika sudah submit, tinggal tunggu proses penghapusan berjalan. FYI aja nih temen-temen, Google DMCA tidak memberikan pemberitahuan melalui email. Nah jika ingin mengetahui apakah link pelaku copas sudah berhasil didelete atau belum bisa melalui link berikut. Disitu akan tertera apakah laporan yang telah kamu kirim telah disetujui atau tidak.

Oiya sebagai tambahan nih temen-temen, laporan yang kamu kirimkan di DMCA Notice ini tidak serta merta selalu dikabulkan. Ada kalanya Google DMCA menolak laporan kamu. Biasanya Google DMCA akan mengirimkan email yang berisi kekurangan informasi/data yang kamu masukkan di formulir.

Oke saya akhiri sampai disini. Demikian cara mudah melaporkan artikel copas ke Google DMCA. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here