Beranda Tips Cara Login Root di VPS Google Cloud Platform

Cara Login Root di VPS Google Cloud Platform

0
Dapet Free Trial Google Cloud Paltform Senilai 300$

Mungkin disini temen-temen banyak yang bertanya, di VPS-VPS pada umumnya kita bisa login sebagai root, nah si GCP ini gimana login rootnya?

Secara default, autentikasi untuk VPS GCP ini menggunakan public key authentication, jadi bukan menggunakan password. Entah sebagai alasan keamanan atau bukan, yang pasti pihak Google sendiri juga tidak menyediakan password root kepada pelanggannya. Nah, dari sini bisa kita ambil poin bahwa Google emang sengaja ga ngasih akses root dan secara tidak langsung mengarahkan kita untuk menggunakan metode generate key yang menurut mereka aman. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca-baca terlebih dahulu dokumentasi dari Google Cloud Platform berikut.

Terlepas dari itu, kalau hanya sebatas menginstall nginx, apache, dll kita bisa menggunakan perintah sudo pada terminal SSH bawaan GCP untuk login sebagai root. Sebagai instance creator, role kita disni adalah sebagai Admin. Jadi ngetik sudo di terminal SSH bawaan GCP gabakal dimintain password. Namun bagaimana jika kasusnya kita perlu login sebagai root katakanlah pada software-software SFTP pihak ketiga. Pake cara generate key ribet, password root juga ga dapet. Terus loginnya gimana dong? 😀

Tenang, ada cara mudahnya kok. Langsung saja yak daripada lama-lama ntar pusing, simak step-stepnya berikut ini. Cekidot. 😀

Mengaktifkan Login Root di VPS Google Cloud Platform

Langkah 1: Mengganti Password Root

Meskipun kita gadapet password root, bukan berarti password rootnya gaada. Oke, kita emang gatau passwordnya apa, tapi kita tetep bisa kok mengganti passwordnya. Caranya seperti berikut:

Buka terminal SSH lalu masuk sebagai root

sudo -s

Lalu ganti password dengan ketik perintah berikut

sudo passwd root

Lalu kamu akan diminta untuk memasukkan password root yang baru.

Nah, sampai disini kita sudah memiliki password root yang baru. Tapi password tersebut gabisa digunakan. Loh kok gabisa? Iya, seperti yang saya jelasin diatas, secara default login root ini menggunakan public key. Jadi kalaupun dicoba login pake password ntar hasilnya bakalan denied/ditolak.

Untuk itu kita perlu mengaktifkan metode login menggunakan password. Caranya seperti berikut.

Langkah 2: Mengaktifkan Metode Login Root Menggunakan Password

Edit konfigurasi SSHD dengan mengetik perintah berikut

nano /etc/ssh/sshd_config

Lalu cari teks PermitRootLogin no. Ganti menjadi PermitRootLogin yes. Cari juga teks PasswordAuthentication no dan ganti menjadi PasswordAuthentication yes. Simpan file dengan cara menekan CTRL + X, lalu tekan Y, lalu tekan Enter.

Setelah itu restart SSHD

service sshd restart

Done.

Sampai disini kita telah berhasil mengaktifkan metode root login dengan password. Lalu langkah selanjtunya apa? Yaa tinggal coba saja login di WinSCP atau PuTTY. Oiya, jika waktu login masih saja muncul pesan denied/ditolak, coba untuk stop instance lalu start lagi.

Demikian cara mengaktifkan root login pada VPS Google Cloud Platform. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here