Beranda Google Cloud Platform Cara Install WordPress di VPS Google Cloud Platform

Cara Install WordPress di VPS Google Cloud Platform

4
Dapet Free Trial Google Cloud Paltform Senilai 300$

Halo temen-temen, alhamdulillah akhirnya selesai juga tugas-tugas saya di dunia nyata sehingga kali ini saya bisa kembali beraktivitas sebagai blogger seperti biasanya wehehee. Sesuai judulnya kali ini muhammadroyyan.com akan membahas mengenai VPS atau Virtual Private Server, khususnya VPS Google Cloud Platform.

Berhubung beberapa minggu terakhir banyak bangeet nih yang tanya-tanya soal VPS GCP entah dari email, komentar maupun chat FB tentang gimana sih cara install WordPress di VPS Google Cloud Platform. Mengingat manage VPS ini mungkin sangat amat ribet dan bikin pusing bagi beberapa kalangan, khususnya orang awam. Oke daripada lama-lama langsung saja simak step by step cara install WordPress di GCP berikut.

Tutorial Install WordPress di Google Cloud Platform

Jadi sebelum lanjut lebih jauh kamu memerlukan sebuah akun Google Cloud Platform.  Untuk yang belum tau apa itu GCP, atau gimana mendapatkannya bisa baca-baca dulu di post saya disini. Gratis kok. Setelah itu kamu bisa login ke dashboard melalui Console GCP.

Langkah 1: Membuat Virtual Machines Instance

Setelah mempunyai akun GCP langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat virtual machines terlebih dahulu yaitu dengan klik Compute Engine » VM Instances » Create Instance pada menu GCP.

Setelah itu akan terbuka form baru mengenai spesifikasi dari Instance yang akan dibuat. Disini kamu bisa mengatur berapa CPU, memory, disk space, dan asal negara server yang akan digunakan. Jadi kamu bisa kustomisasi sesuai kebutuhanmu. Disitu juga akan tertera berapa besar biaya yang harus kamu bayar setap bulannya untuk menyewa 1 buah instance (VPS). Kalau punya trial credit, nanti yang dipotong trialnya dulu.

server gcp

Nah jika kamu berpikir bahwa GCP ini sangat mahal untuk digunakan jangka panjang maka kamu sangat amat keliru. Jadi di GCP ini ada layanan free tier yang sangat menarik untuk kamu coba, namanya Always Free. Pada Always Free ini kamu bisa merasakan VPS tanpa bayar alias gratis meskipun trial credit kamu sudah habis. Spesifikasi Always Free juga telah ditentukan, yaitu sebagai berikut:

  • 1 f1-micro instance per month (US regions only – Excluding Northern Virginia)
  • 30 GB-months HDD, 5 GB-months snapshot
  • 1 GB network egress from North America to all region destinations per month (excluding China and Australia)

Enak bukan? Gaperlu lagi deh bayar VPS, lamu hanya perlu membayar kelebihan bandwith yang telah kamu gunakan. Untuk harga bandwith GCP dapat kamu lihat disini.

Nah kalo kamu masih bingung gimana sih setting Instance biar bisa dapet Always Free? Tinggal samain saja spesifikasinya sesuai pada pilihan dibawah ini:

  1. Name: kasih nama terserah, huruf kecil no spasi
  2. Zone: pilih us-west1-a
  3. Machine Type: pilih micro (1 shared vCPU)
  4. Boot Disk: Pilih Ubuntu 16.04 & 30GB persistent disk
  5. Firewall: beri centang di HTTP dan HTTPS

Selain yang saya sebutkan diatas biarkan default saja. Setelah itu klik tombol Create. Tunggu sampai Instance sukses terbuat lalu copy External IP (ex: 35.197.96.XX) yang ada pada instance.

Langkah 2: Manage VPS dengan ServerPilot

Nah setelah sukses membuat instance (VPS), langkah selanjutnya yaitu memanage VPS. Untuk langkah ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu mendaftar ServerPilot. Dengan menggunakan ServerPilot nantinya kamu gaperlu pusing-pusing menginstall satu persatu WebServer, PHP, mySQL, dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu sudah punya akunnya tinggal klik saja Connect Server. Nantinya akan muncul form seperti dibawah ini. Tinggal disesuaikan saja.

server gcp

Setelah itu klik Connect to ServerPilot. Maka selanjutnya akan muncul beberapa baris command text. Copy seluruhnya.

server gcp

Jika sudah ter copy, kembali lagi ke Instance yang sebelumnya telah kamu buat. Klik tombol SSH.

server gcp

Secara otomatis akan muncul window baru command shell. Paste command text dari ServerPilot kedalamnya lalu tekan Enter.

server gcp

Secara otomatis VPS kamu akan terinstall WebServer, PHP, mySQL dengan sendirinya. Tinggal tunggu saja sampai proses instalasi selesai. Ditandai dengan pesan seperti berikut pada ServerPilot.

server gcp

Dengan begini VPS mu telah sukses termanage oleh ServerPilot. Untuk instalasi WordPress, membuat Database, menambahkan Domain dapat kamu lakukan dengan mudah di ServerPilot.

Langkah 3: Install WordPress

Untuk menginstall WordPress caranya cukup mudah. Tinggal klik saja tombol +Create App pada dashboard ServerPilot. Lalu akan muncul form seperti berikut. Tinggal disesuaikan saja.

server gcp

Setelah itu klik Create App. Dengan begini WordPressmu sudah terinstall di VPS. Namun untuk mengaksesnya kamu perlu mengarahkan domainmu ke VPS terlebih dahulu.

Langkah 4: Mengarahkan Domain ke VPS

Untuk dapat mengarahkan domain ke VPS cukup menambahkan A record kedalam DNS manager domainmu. Sebagai contoh disini saya menggunakan DNS manager dari Hurricane Electric, untuk yang lain tinggal disesuaikan saja. Lalu tambahkan A record dengan IP External dari instancemu. Untuk kolom name dikosongin saja.

server gcp

Sehingga jadinya seperti ini

server GCP

Tunggu hingga proses propagasi selesai yaitu kurang lebih 1×24 Jam. Setelah itu coba cek domainmu 🙂

Nah demikian cara install WordPress pada VPS Google Cloud Platform. Sampai disini kamu bisa mengakses WordPressmu melalui alamat domain. Namun perlu diingat bahwa dengan settingan diatas WordPressmu hanya bisa diakses tanpa menggunakan SSL atau hanya menggunakan HTTP saja. Untuk menambahkan SSL (HTTPS) gratis di VPS Google Cloud Platform dapat kamu lihat pada post berikut. Jangan lupa berlangganan agar mendapatkan notifikasi artikel-artikel terbaru lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Disclaimer

Penyampaian hal-hal yang berkenaan dengan konten, hak cipta, kerja sama, periklanan, kritik, saran ataupun pertanyaan bisa menghubungi saya melalui email berikut.



4 KOMENTAR

  1. Gan untuk mengakses file disk (directory wp terinstall) itu letaknya nanti dimana kalau pake vps google ini ? apa kaya RDP gitu sistemnya ? kan biasanya edit file .htaacess lewat situ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here