Beranda Domain Cara Cek Ketersediaan Domain

Cara Cek Ketersediaan Domain

0

Cara Cek Ketersediaan Domain – Untuk bisa membangun sebuah website, maka kamu membutuhkan yang namanya domain. Ibaratnya nih kayak sebuah rumah, domain adalah alamat dari tempat berdirinya rumah tersebut. Biar gampang gitu nyarinya hehe.

Sebelum kamu menggunakan atau membeli nama domain, maka kamu harus tahu gimana cara cek nama domain terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui domain yang lagi kamu incer itu masih tersedia atau tidak. Pastinya nyesek kan ya udah ngidam nama domain eh ternyata udah ada yang punya, hehe.

Nah, untuk mengecek nama domain sebenernya kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah. Caranya gimana? Gampangnya sih lewat website yang menjual nama domain. Contohnya kayak yang akan kita bahas kali ini yaitu Domainesia. Salah satu registrar nama domain terpercaya yang ada di Indonesia. Penasaran kan gimana caranya? Langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Cek Nama Domain Di Domainesia

Untuk melakukan pengecekan nama domain, situs yang satu ini sangat saya rekomendasikan untuk digunakan. Kamu bisa menemukan berbagai nama domain unik yang bisa disesuaikan dengan niche yang sudah kamu tentukan untuk blogmu. Mengetahui ketersediaan domain juga akan sangat mudah dilakukan di situs ini karena tampilannya yang cukup user friendly.

Pertama-tama, silahkan buka website Domainesia. Lalu tinggal masukkan nama domain dalam kolom pencarian lalu klik cari. Nantinya kamu bisa mengetahui apakah domain tersebut masih tersedia atau tidak. Selain itu, jika ternyata domain tidak tersedia, gaperlu khawatir karena situs Domainesia juga akan menampilkan alternatif nama domain lain yang stoknya masih tersedia dan bisa kamu gunakan sebagai penggantinya.

Cara Cek Ketersediaan Domain 1

Gak hanya itu saja, selain untuk mengecek nama domain, di situs ini kamu juga bisa lho membeli paket hosting, server, menemukan banyak ulasan penting lainnya seperti pengembangan website, cara bisnis online, dan sebagainya. Lumayan buat nambah-nambah pengetahuan kan ya, hehe.

Domain Tidak Tersedia, Gimana Dong?

Jika kamu ingin membeli nama domain, tentu ada saja kemungkinan kalau nama domain yang lagi kamu incer tidak tersedia dan sudah dimiliki orang lain. Nah kalau sudah begini beberapa tips berikut bisa kamu coba.

1. Membeli Langsung dari Ownernya

Kalau kamu lagi banyak duit, berasa sultan, dan kaya raya, nego langsung ke pemiliknya adalah langkah yang tepat. Tinggal ajukan penawaran yang masuk akal kepada owner domain yang lagi kamu incer. Dan bukan tidak mungkin ownernya bakalan mengijinkannya.

2. Memakai Ekstensi Lain 

Inget bro, ini sudah 2019 dimana nama domain bukan cuma .COM saja. Ada banyak pilihan ekstensi domain TLD lain yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif. Contohnya seperti .NET, .ORG, .CO, atau .ID.

3. Menambahkan Kata Lain

Kalau 2 langkah diatas tetep aja ga berhasil, kamu bisa pake tips yang ini. Yaitu menambahkan kata lain. Sebagai contoh, misalnya kamu memiliki produk bernama Royyan Keren dan mengincar nama domain royyankeren.com dimana nama domain tersebut sudah ada yang punya. Sebagai gantinya, kamu bisa mendaftarkan nama domain lain yang mengandung kata Royyan Keren juga seperti royyankerenasli.com atau royyankerensumpah.com sesuai dengan niche brand kamu. Ini contoh, jangan emosi hehe.

4. Memakai Nama Domain Lain

Sebagai langkah terakhir, ada baiknya mungkin bila kamu mengganti nama domain yang kamu incar. Siapa tahu nama domain berikutnya akan terdengar jauh lebih bagus dari sebelumnya.

Penutup

Demikian tutorial cara cek ketersediaan domain dan beberapa tips tambahan yang mungkin akan berguna buat temen-temen. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.