Beranda Tutorial Cara Back Up MySQL Database Otomatis Menggunakan Cron Job

Cara Back Up MySQL Database Otomatis Menggunakan Cron Job

2
Cara Back Up MySQL Database Otomatis Menggunakan Cron Job

Halo temen-temen, kali ini saya akan memberikan tutorial setingkat lebih expert dari biasanya. Widiihh 😀 Yap, kali ini main-main sama Cron Jobs. Sudah pada tau kan Cron Jobs itu apa? Saya jelasin sedikit nih ya, Cron Jobs merupakan salah satu fitur yang ada pada cPanel yang memungkinkan kita untuk melakukan otomatisasi suatu perintah atau script untuk dijalankan pada waktu tertentu misal setiap hari, setiap minggu, dll. Misalnya, kamu bisa setting cron jobs untuk menghapus temporary files tiap minggu untuk membersihkan penggunaan quota hosting agar tidak menumpuk. Tentunya secara otomatis.

Nah, kerennya lagi Cron Jobs ini dapat kita manfaatkan untuk melakukan back up database secara otomatis juga lho. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Simak tutorialnya berikut

Back Up Database Otomatis Menggunakan Cron Job

Sebelumnya perlu digaris bawahi, Cron Jobs ini termasuk setting untuk para advance. Jadi tolong tutorial berikut dicermati. Kesalahan penulisan titik, koma, strip dll akan berpengaruh terhadap command Cron Jobs.

  1. Login ke cPanel dan buka Cron Jobs
  2. Lalu disitu akan ada Cron Email, isi dengan emailmu yang aktif. Nantinya laporan dari Cron Jobs akan dikirimkan melalui email.
    Cara Back Up MySQL Database Otomatis Menggunakan Cron Job
  3. Lalu scroll kebawah lagi kamu akan menemukan settingan dari Cron Jobs. Untuk melakukan backup database secara otomatis, kamu bisa setting seperti gambar berikut.

Cara Back Up MySQL Database Otomatis Menggunakan Cron Job

Keterangan Gambar:

  1. Menunjukkan Cron akan bekerja once per day atau sehari sekali.
  2. Menunjukkan setting waktu dimana Cron Jobs akan bekerja. Sesuai gambar maka Cron akan otomatis bekerja pukul 00.00.
  3. Menunjukkan perintah Cron. Commandnya seperti berikut
mysqldump -u dbusername -p'dbpassword' dbname > backup.sql

Keterangan:

  • dbusername: diganti dengan nama pengguna/user database.
  • dbpassword: disesuaikan dengan password dari pengguna/user database yang akan dibackup. Silahkan masukkan password dan diapit tanda petik.
  • dbname: nama database yang ingin dibackup.

Setelah semua sudah siap klik Add New Cron Job.

Dengan ini setiap pukul 00.00 tengah malam, Cron secara otomatis akan melakukan backup database kamu. Jadi gaperlu repot-repot yaa 😀 Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainnya:

2 KOMENTAR

    • Kalo manual bisa kasih tgl sih, jadi tinggal rename saja menjadi backup12-03-2018.sql cuma kalau menggunakan cron kurang tau.
      .
      Untuk hasil backup ada pada root, jd jika pengen disimpen di folder tertentu katakanlah folder A (misal) tinggal di tambahin saja /public_html/A/backup.sql (misal), tinggal disesuaikan dengan direktori tujuan. CMIIW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here