Beranda Tips Cara Agar Artikel Tidak Bisa di Copy-Paste

Cara Agar Artikel Tidak Bisa di Copy-Paste

1

Pernah ga sih ngerasa udah capek-capek ngetik, nuangin pikiran dan waktu yang ga sedikit, cuma demi satu halaman artikel, eh ternyata di copy-paste (kalo bahasa gaulnya copas :D) kesel? Iya. Jengkel? Udah pasti. Tapi mau gimana lagi, mau marah juga percuma 😀 (berasa kayak curhat :D)

Script Anti Copas Blogspot

Disini saya akan membagikan tips. Buat kalian yg suka kesel karena artikel di copas oleh blog diluar sana. Kalian bisa memasang script anti copas sehingga ketika dipasang pada blog, jangankan di copas, di bakar pun ga mempan :D. Ada beberapa metode yang dapat kamu coba. Jadi fungsinya beberapa metode ini sama yaitu akan Membuat Artikel kita Tidak Bisa di Copy-Paste. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu menyisipkan beberapa baris script pada template kita yang otomatis membuat artikel pada blog kita tidak bisa di copas. Langsung aja daripada banyak iklan. Ada 2 metode yang bisa kamu coba dibawah ini.

Membuat Artikel Tidak Bisa di Copy-Paste dengan CSS

    1. Masuk dashboard Blogger
    2. Buka template lalu pilih Edit HTML
    3. Letakkan kode berikut diatas ]]></b:skin>
      body{
      user-select: none;
      -webkit-user-select: none;
      -moz-user-select: none;
      -ms-user-select: none;
      -khtml-user-select: none;
      }
    4. Save Template dan cek blog kamu.

Keuntungan menggunakan script ini adalah kita dapat menentukan kata atau kalimat mana yang tidak bisa dicopas sesuai keinginan kita. Namun ada sedikit kelemahan yaitu ketika kita cek ke-valid-an di cc3 maka akan muncul warning atau peringatan. Namun hal tersebut tidak berdampak terhadap nilai SEO suatu blog.

Membuat Artkel Tidak Bisa di Copy-Paste dengan Javascript

  1. Masuk dashboard Blogger
  2. Buka Template lalu pilih Edit HTML
  3. Letakkan kode jquery berikut diatas head. Namun jika sudah ada langkah ini dapat kamu lewati.
    <script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.10.2/jquery.min.js">
  4. Lalu letakkan kode berikut diatas </body>
    </script>
    <script type="text/javascript">
    $(document).ready(function(){$(document).bind("contextmenu",function(a){a.preventDefault()})});function keypressed(){return false}document.onkeydown=keypressed;
    </script>
  5. Terakhir save template dan cek blog kamu.

Javasript memang memiliki banyak fungsi sehingga sangat penting perannya baik didalam blog maupun wordpress. Kelemahan dari script ini adalah memberatkan blog meskipun tidak terlalu signifikan.

Demikian 2 Cara Agar Artikel Tidak Bisa di Copy-Paste. Saya lebih menyarankan penggunaan CSS dalam mengatasi duplicate content. Namun semua kembali pada kamu sendiri, terserah mau menggunakan metode yang mana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here