Beranda Wordpress Plugins Begini Cara Mengetahui Plugin dan Theme Blog WordPress Orang Lain

Begini Cara Mengetahui Plugin dan Theme Blog WordPress Orang Lain

0
Cara Mengetahui Plugin dan Theme Blog WordPress Orang Lain

Mungkin diantara temen-temen sering banget melakukan blog walking lalu nemu suatu blog yang theme/templatenya keren abis. Tampilannya seger, fast loading dan bikin envy. Sebagai seorang blogger, wajar jika seketika terlintas rasa kepo (pengen tahu). Themenya yang dipake apasih? Kok blognya cepet banget, pake plugin apa aja sih? Selalu seperti itu, termasuk saya juga 😀

Nah sebenernya kepo itu hal yang lumrah, termasuk kepo mengenai theme dan plugin (asal bukan soal mantan). Akan tetapi apa jadinya jika rasa kepo ini tidak tersalurkan 😀 Niatnya ingin tanya melalui kolom komentar, tapi kesannya kok kurang berbobot pertanyaannya. Mau bertanya langsung di contact form kok ternyata lama ga dibales-bales. Capek nungguin kan jadinya.

Nah beruntung banget nih, disini saya akan berbagi sedikit tips untuk kamu yang sering tidak tersalurkan rasa keponya. Ada beberapa metode atau cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui plugin dan theme blog WordPress orang lain. Tenang aja, caranya sangat mudah dan tentunya gratis.

Oke daripada lama-lama langsung aja simak cara mengetahui plugin dan theme blog WordPress orang lain. Cekidot.

Cara Mengetahui Theme dan Plugin Blog WordPress Orang Lain

1. Cek Bagian Footer

Ini adalah cara yang paling simple untuk mengetahui theme/template apa yang digunakan oleh suatu blog. Faktanya, hampir seluruh developer theme selalu mencantumkan nama theme mereka di bagian footer. Fungsinya selain sebagai ajang promosi, nambah-nambah backlink, juga sebagai credit bahwa mereka yang telah membuat theme tersebut.

Namun kenyataannya tidak semua blogger mau menunjukkan nama themenya di bagian footer. Malah kalau saya lihat jarang banget nemu blog yang masih mencantumin credit dibagian footer. Ditambah lagi saat ini sudah banyak bertebaran theme/template premium yang memperbolehkan pengguna menghilangkan credit di bagian footer.

Nah, jadi buat kamu yang masih kepo tentang theme/template blog tetangga, coba deh di scroll down dulu, kali aja nemu nama theme/templatenya dibagian footer. Tidak ada salahnya kan.

2. Cek Source Code

Nah jika cara yang pertama belum bisa menghilangkan rasa kepo mu, bisa coba nih cara yang kedua. Yaitu melalui source code websitenya. Cukup klik kanan pada halaman website target, lalu klik View Page Source atau tekan CTRL+U (Mozilla Firefox). Secara otomatis akan terbuka suatu halaman yang berisi kode-kode. Nah inilah yang disebut dengan source code.

Langkah selanjutnya yaitu kita mencari nama theme atau pluginnya, caranya tekan CTRL+F lalu ketik themes atau plugin. Maka akan muncul beberapa hasil pencarian seperti wp-content/themes/“nama theme” dan wp-content/plugins/“nama plugin”.

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan langsung nama theme dan nama plugin yang digunakan oleh website target.

3. Menggunakan Tool Online

Nah, jika cara yang kedua terasa ribet dan sulit, saya masih ada metode selanjutnya nih. Ini sangat simple, bahkan sambil ngopi juga bisa 😀

Nah untuk mengetahui nama theme ataupun plugin yang digunakan oleh blog orang lain dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan tool online yang bernama whatwpthemeisthat.com. Tinggal ketik aja alamat website target ke dalam kolom yang disediakan, lalu tekan enter. Maka secara otomatis akan muncul berbagai plugin yang digunakan oleh blog tersebut.

Demikian beberapa tips atau cara untuk mengetahui themes dan plugin WordPress blog orang lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here