Beranda FYI 5 Tanda Kamu Harus Segera Pindah Server Hosting

5 Tanda Kamu Harus Segera Pindah Server Hosting

0
5 Tanda Kamu Harus Segera Pindah Server Hosting

Sebagai seorang pengguna WordPress self host, ada kalanya kita diharuskan untuk melakukan yang namanya pindah server hosting. Mungkin saja saat ini blog yang kamu lihat biasa-biasa saja di pagi hari ternyata bermasalah di malam hari. Atau mungkin blog yang menurutmu berjalan cepat di pagi hari ternyata berjalan sangat lambat di malam hari. nah, ketidak stabilan seperti yang saya sebutkan diatas merupakan beberapa poin yang harus kamu pertimbangkan untuk melakukan pindah server hosting. Jangan sampai karena terlalu fanatik dengan suatu produk hosting, kamu jadi tidak mempedulikan websitemu.

Nah untuk itu disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang hosting. Jadi apa saja sih tanda-tanda kalau kita perlu pindah server hosting? Cekidot

5 Tanda Kamu Harus Pindah Hosting

1. Downtime

Salah satu tanda server web hosting yang sudah tidak kuat untuk menampung blog kita biasanya akan ditandai dengan yang namanya downtime. Downtime ialah posisi dimana blog kita tidak bisa diakses, baik dari back end maupun front end. Jika hanya sekali atau 2 kali itu menurut saya masih lumrah. Bisa saja dari sisi hosting sedang melakukan maintenance berkala dan lupa menginformasikan kepada customernya. Namun berbeda halnya jika downtime ini berlanjut sampai hitungan jam atau mungkin berhari-hari.

Hal ini justru akan merugikan dari sisi penghasilan karena secara otomatis pasti membuat pendapatanmu menurun. Selain itu downtime juga akan mempengaruhi posisimu di mesin pencari.

2. Pesan Error

Jika kamu adalah blogger lama, pasti sudah tidak asing lagi dengan pesan error yang sering muncul di halaman WordPress. Beberapa diantaranya adalah Error Establishing Database Connection, Internal Server Error, White Screen of Death, dan lain sebagainya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi error-error tersebut. Namun jika error masih saja berlanjut, bisa jadi server hosting memang sedang bermasalah. Menurut saya pindah hosting merupakan langkah yang tepat jika error ini kerap terjadi.

3. CS Slow Respon

Bantuan support 24 jam merupakan salah satu aspek yang harus dipertimbangkan untuk memilih suatu hosting. Jika hosting kamu saat ini memiliki pelayanan yang kurang gercep, saya sarankan untuk segera pindah. Hal tersebut nantinya akan berpengaruh ketika kamu sedang mengalami problem. Perlu diketahui temen-temen, diluar sana masih banyak penyedia hosting profesional yang siap membantu urusan websitemu full 24 jam.

4. Lemot

Ini adalah alasan utama saya ketika pindah dari hosting lama ke VPS GCP. Lemooottt. 😀 Bayangkan saja, untuk melakukan backup blog yang besarnya tidak lebih dari 300 MB saja membutuhkan waktu hingga hampir satu jam. Nah jika hosting kamu sedang mengalami kondisi yang sama, saya sarankan untuk segera pindah hosting. Kan eman, misal sudah bayar mahal eh dapetnya lemot. Diluar sana masih banyak kok penyedia hosting yang memberikan akses server super cepat.

5. Resource Ga Cukup

Ada saatnya blog kamu sudah cukup besar, visitor perhari mencapai puluhan ribu, dan kebutuhan disk space semakin meningkat. Shared hosting mungkin tidak akan bisa menampung kebutuhan blogmu lagi. Jika dibiarkan terus menerus hal ini akan membuat blogmu mengalami down. Atau lebih parahnya blog kamu akan mendapatkan peringatan suspend. Jika sudah begini, solusinya yaitu kamu bisa mencoba upgrade hosting ke resource yang lebih tinggi. Jika tetap tidak memungkinkan, kamu bisa mencoba VPS.

Nah demikian 5 tanda yang bisa kamu jadikan patokan untuk segera pindah hosting. Ingat, sayangi websitemu seperti kamu menyayangi orang tuamu. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here